HMJ BPI IAIN Pekalongan Selenggarakan Workshop Konselor Kreatif 2018

07 December 2018

Pekalongan - Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) IAIN Pekalongan selalu mengupayakan kegiatan-kegiatan peningkatan kompetensi bagi mahasiswa BPI IAIN Pekalongan. Kali ini HMJ BPI mengadakan kegiatan workshop Konselor Kreatif dengan mengangkat tema “I’am Ready with Hypno-Counseling”.

Acara yang diselenggarakan selama dua hari ini yakni pada Sabtu-Minggu, 1-2 Desember 2018 lalu, menghadirkan narasumber seorang profesional  Hypnotherapist dan NLP Trainer asal Tegal, M. Octa Bagus, M.Pd. Acara yang berlokasi di Gedung Pemuda Kajen Kab. Pekalongan ini diikuti oleh 60 peserta yang merupakan mahasiswa jurusan BPI IAIN Pekalongan dari semester satu sampai semester tujuh. Ketua Jurusan BPI, Maskhur, M.Ag. sangat mendukung kegiatan ini. Dalam sambutan pada acara pembukaannya, beliau menyampaikan agar peserta bisa memperhatikan dengan baik apa yang akan diajarkan oleh trainer dan bisa mengaplikasikan teknik hypno-counseling sebagai salah satu teknik untuk membantu klien mengatasi permasalahannya. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pembekalan dan peningkatan potensi mahasiswa yang kelak akan menjadi penyuluh atau konselor di masyarakat”, papar Maskhur.

Workshop diisi dengan empat sesi di mana setiap sesinya memiliki pembagian materi tersendiri. Materi-materi dalam setiap sesinya meliputi Konsep Dasar dan Paradigma Hypno-Counseling, Uji Sugesti, Aplikasi Hypnosis dalam konseling, praktik Hypnosis berpasangan, dan juga penerapan Hypnosis dalam menyelesaikan atau bedah kasus phobia, trauma, stress, kebiasaan buruk dan berbagai macam masalah psikologis lainnya. Materi disajikan dengan penyampaian langsung oleh pemateri dan juga dengan praktik secara langsung. Baik itu perwakilan salah satu peserta dan juga praktik berpasangan antar peserta. Acara berlangsung dengan lancar dan diikuti dengan penuh semangat oleh peserta, karena hampir seluruh peserta beranggapan bahwa materi yang disampaikan di Workshop adalah materi yang menarik dan belum diajarkan di bangku perkuliahan. Hal tersebut membuat peserta selalu antusias mengikuti kegiatan di setiap sesinya.

Diadakannya kegiatan Workshop ini bertujuan untuk membekali peserta dengan skill yang dapat digunakan untuk memperkaya mereka terkait dengan teknik konseling kepada klien nanti. “Goal dari acara Workshop Konselor Kreatif ini adalah membentuk peserta menjadi konselor yang kreatif, yaitu mampu menerapkan hipnosis dalam kegiatan konselingnya, sebuah skill yang tidak dimiliki oleh semua konselor”, papar Fathony Dwi Murdeny selaku ketua panitia kegiatan. Rena Agustina, ketua HMJ BPI menambahkan, “Harapan dari kegiatan ini adalah agar peserta lulusan dari workshop dapat menjadi konselor yang berbeda dengan yang lain. Konselor yang menarik dan konselor yang mampu memaksimalkan potensi dirinya dalam membantu klien menyelesaikan permasalahan”.

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…