Peringati Hari Lahir Pancasila, Pegawai dan Dosen IAIN Pekalongan Ikuti Upacara

01 June 2019

Pekalongan - Seluruh Pegawai dan Dosen IAIN Pekalongan mengikuti upacara Hari Lahir Pancasila, yang digelar di halaman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Kampus 2 IAIN Pekalongan (1/6). Bertindak sebagai pembina upacara, dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag.

Dalam sambutannya, membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag menyampaikan beberapa hal, antara lain, Indonesia sebagai negara kepulauan yang berada diantara dua samudera (Pasifik dan Hindia) dan dua benua (Asia dan Australia), ini meneguhkan bahwa Indonesia memiliki tanah-air sebagai satu kesatuan yang saling menguatkan. Dalam keragaman kekayaan alam, budaya, antropologi, sosiologi, ras, etnik, agama dan kepercayaan, yang merupakan kesatuan dalam wawasan nusantara. Kesadaran akan keberagaman tersebut tentunya membuahkan kebersamaan untuk hidup dan bahagia di Indonesia negeri tercinta ini. "Pancasila mampu menyatukan kita semua, sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Rektor.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan hidup bangsa adalah anugerah tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa bagi Bangsa Indonesia. Karena Pancasila digali oleh para pendiri bangsa. Memperingati Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni, setidaknya memiliki dua tujuan. Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah di mana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara. Kedua, peringatan ini bertujuan untuk membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Menurut beliau, yang perlu ditekankan adalah bagaimana kita mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus. Melalui perayaan hari kelahiran Pancasila diharapkan terbangun kebersamaan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Kita Indonesia Kita Pancasila, Selamat Hari Lahir Pancasila !!!

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…