IAIN Pekalongan Gelar Seleksi PMB Mandiri Berbasis CBT

IAIN PKL News (25/7) - Pada Tahun Akademik 2019/2020, IAIN Pekalongan menerima mahasiswa baru melalui empat jalur, yaitu Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN), Jalur Ujian Mandiri dan Jalur Minat Bakat.

Penerimaan mahasiswa baru Jalur SPAN-PTAIN dan UM-PTAIN adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru secara nasional (dikelola oleh panitia pusat). Untuk Jalur Ujian Mandiri dan Jalur Minat Bakat dikelola oleh panitia lokal (IAIN Pekalongan) atau lebih dikenal dengan istilah "JALUR MANDIRI". Seleksi Jalur SPAN-PTKIN, Jalur UM-PTKIN dan Jalur Bakat Minat telah selesai dan calon mahasiswa yang dinyatakan lulus telah melaksanakan registarsi. Sehingga tinggal satu jalur yang sedang berproses, yaitu Jalur Mandiri.

Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Mandiri IAIN Pekalongan telah dilaksanakan pada tanggal 22-24 Juli 2019 di Kampus II IAIN Pekalongan di desa Rowolaku Kajen Pekalongan. Selama tiga hari tersebut, peserta yang telah terdaftar dalam PMB jalur Mandiri akan melaksanakan ujian tertulis berbasis komputer (Computer Based Test/ CBT) dan wawancara. Materi CBT (Computer Based Test) meliputi Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Bahasa Indonesia, Wawasan Keislaman dan Tes Potensi Akademik. Adapun materi wawancara meliputi Tes Membaca dan menulis Al-Quran, Praktek Ibadah dan Wawasan kebangsaan. Tahun ini merupakan  pertama kalinya ujian PMB jalur Mandiri di IAIN Pekalongan menggunakan CBT (Computer Based Test). Peserta ujian dapat mengakses CBT dengan login menggunakan  nomor pendaftaran dan tanggal lahir sesuai pada kartu ujian dengan menggunakan computer yang telah disediakan. Beberapa hal yang perlu disiapkan sebagai persyaratan ujian yaitu membawa Kartu Ujian, Ijazah/ Surat Keterangan Lulus (asli/fotokopi yang telah dilegalisasi), kartu identitas berfoto (KTP/SIM/Kartu Pelajar), Pensil 2B. Bagi peserta yang tidak membawa kartu ujian dan kartu identitas  tidak diperkenankan mengikuti ujian.  Jadi, para peserta dihimbau untuk datang tepat waktu karena tidak ada tambahan waktu keterlambatan. Dengan support system informasi, peserta dapat mengetahui waktu dan jadwal pelaksanaan ujian PMB jalur mandiri, karena semuanta diakses di website IAIN Pekalongan, sedangkan tutorial CBT juga dapat dilihat di berbagai media IAIN Pekalongan, seperti facebook, instagram dan wathapps.

Berdasarkan data statisik PMB IAIN Pekalongan, pendaftar PMB IAIN Pekalongan pada jalur mandiri, berasal dari lulusan SMA, SMK, MA, Pesantren muadalah dan lembaga pendidikan lainnya yang setara dengan SLTA, tanpa dibatasi tahun Ijazah. Adapun rangking  jumlah peminat jurusan dan program studi secara berurutan,yaitu Ekonomi Syari’ah (492 peminat), Pendidikan Agama Islam sejumlah (441 peminat), Perbankan Syari’ah (353 peminat), Akuntansi Syariah sejumlah (315 peminat), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (272 peminat), Komunikasi dan Penyiaran Islam (138 peminat), Prodi Hukum Keluarga Islam (132 peminat), Tadris Bahasa Inggris sejumlah (111 peminat), Hukum Tata Negara (109 peminat), Hukum Ekonomi Syariah sebanyaj (108 peminat), Pendidikan Bahasa Arab (101 peminat), Bimbingan dan Penyuluhan Islam (95 peminat), Ilmu Al Qur’an dan tafsir (87 peminat), Manajemen Dakwah (74 peminat), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (71 peminat), Tadris Matematika (69 peminat) Tasawuf dan Psikoterapi (38 peminat), dan Ilmu Hadits (29 peminat). Dari data tersebut, Jurusan Ekonomi Syariah menempati posisi tertinggi sebagai Jurusan dengan jumlah peminat terbanyak pada jalur PMB mandiri tahun 2019.  

Mekanisme PMB jalur mandiri berbasis CBT ini sebagai salah satu cara untuk menjaring calon mahasiswa yang potensial dan berkompeten. Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag, didampingi oleh Ketua Panitia PMB, DR. H. Muhlisin, M.Ag.  menuturkan, “IAIN PEKALONGAN berkomitmen menerima calon mahasiwa yang memiliki multi talenta secara akademik dan non akademik untuk mewujudkan Visi IAIN Pekalongan menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam yang terkemuka dan kompetitif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan ke-Indonesiaan di tingkat nasional pada tahun 2036).”   Hasil seleksi Tes PMB jalur mandiri akan diumumkan pada tanggal 1 Agutus 2019. Bagi mereka yang nantinya lulus diharapkan segera registrasi pada tanggal 5 hingga 9  Agustus 2019. Dari keseluruahan jalur penerimaan pada tahun 2019, kuota yang disediakan oleh IAIN Pekalongan sebanyak 2.600 calon mahasiswa baru, yang dibagi pada 4 fakultas, Pascasarjana dan 20 Jurusan/ program studi. Sedangkan penerimaan mahasiswa baru Pascasajana IAIN Pekalongan akan ditutup pada tanggal 30 Juli 2019. Tes tertulis dan wawancara diselenggarakan pada tanggal 3 dan 4 Agustus 2019.

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…