Sambut Mahasiswa Baru, FTIK IAIN Pekalongan Gelar Achievement Motivation Training

20 August 2019

Baru-baru ini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan menggelar acara Achievement Motivation Training (AMT) for Success Study dengan tema “Peran FTIK dalam Membangun Generasi Milenia 4.0” bertempat di gedung FTIK, Senin-Selasa (19-20/8).

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan orientasi awal bagi mahasiswa baru yang terhimpun dalam agenda Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2019. Dalam acara ini mahasiswa baru dikenalkan dengan kegiatan-kegiatan akademis di lingkungan IAIN Pekalongan, mulai dari tingkat institut, fakultas, hingga program studi.

Bertempat di gedung FTIK Kampus II IAIN Pekalongan, acara ini diikuti oleh 1.062 mahasiswa baru, yaitu 371 mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI), 125 mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), 224 mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), 86 mahasiswa program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), 128 mahasiswa program studi Tadris Bahasa Inggris (TBIG) dan 128 mahasiswa program studi Tadris Matematika (TMAT).

Acara AMT FTIK ini merupakan agenda tahunan dalam rangka menyambut sekaligus mengenalkan mahasiswa baru sebagai persiapan menghadapi perkuliahan. Pada acara AMT ini mahasiswa mendapatkan materi pengenalan visi misi dan struktur tata kelola tingkat fakultas dan program studi yang melibatkan sleuruh elemen fakultas mulai dari dekanat, pengelola prodi, serta organisasi mahasiswa.

Dalam acara ini mahasiswa juga diberikan strategi sukses belajar di perguruan tinggi, pengenalan karya tulis ilmiah, serta etika berbusana dan berkomunikasi.

Menurut Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama FTIK Abdul Khobir M.Ag. selaku penanggung jawab, kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki basis spiritual,  moral,  kognitif,  dan jiwa entrepreneuship yang kuat.

“Dengan adanya kegiatan AMT ini diharapkan mahasiswa siap menghadapi kuliah dan sukses menjadi mahasiswa karena mahasiswa akan  menghadapi banyak tantangan sehingga harus siap menghadapi tantangan tersebut. Di samping itu mahasiswa diharapkan menjadi sadar bahwa mereka sekarang dalah mahasiswa dan harus siap belajar secara mandiri dan belajar, termasuk siap menghadapi realitas kehidupan di  masyarakat.

Dekan FTIK Sugeng Sholehuddin, M.Ag. menambahkan, acara ini sangat penting sebagai upaya fakultas untuk mempersiapkan para mahasiswa baru menjelang perkuliahan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan semangat serta membekali para mahasiswa baru agar dapat mengatasi kegelisahan-kegelisahan mereka mengenai budaya akademik kampus khususnya fakultas serta jurusan masing-masing, dan untuk membekali para mahasiswa baru khususnya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan serangkaian informasi dan pengetahuan mengenai fakultas serta masing-masing jurusan di dalamnya sebelum memulai serangkaian proses pembelajaran di perguruan tinggi.”

Selain penguatan persiapan di bidang akademis, dalam acara ini juga diberikan materi penguatan nasionalisme dalam rangka menghadang gerakan radikalisme dan liberalisme. Sesuai dengan amanat Kementerian Agama Republik Indonesia, IAIN Pekalongan khususnya FTIK diharapkan mampu membentuk generasi yang rahmatan lil alamin. _(FTIK)

 

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…