IAIN Pekalongan Gelar FGD Rancangan Regulasi Pengelolaan Kampus

22 August 2019

IAIN Pekalongan menggelar kegiatan bertajuk "Review Rancangan Regulasi Pengelolaan Perguruan Tinggi pada IAIN Pekalongan." Kegiatan yang dikemas dalam bentuk FGD (Focus Group Discussion) ini dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari, yakni 21 Agustus dan 22 Agustus, dan bertempat di Hotel Dafam Pelalongan. Kegiatan FGD dimulai pada pukul 08:00 WIB dan dibuka langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan.

Dalam pengantarnya, Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. menuturkan bahwa penyusunan rancangan regulasi ini merupakan konsekwensi logis dari beralihnya status STAIN Pekalongan menjadi IAIN Pekalongan berdasarkan Perpres No. 73 Tahun 2016. “Penyusunan regulasi pengelolaan perguruan tinggi ini akan menentukan perjalanan IAIN Pekalongan ke depan. Oleh karena itu, orientasi kegiatan ini adalah kemajuan keluarga besar IAIN Pekalongan,” terangnya.

FGD rancangan regulasi pengelolaan perguruan tinggi dihadiri oleh tim penyusun Keputusan Rektor yang berisi jajaran senat IAIN Pekalongan, para pimpinan kampus di tingkat institut, fakultas dan jurusan, kepala unit dan lembaga, serta stakeholders baik internal ataupun eksternal. Adapun narasumber FGD ini adalah Prof. Dr. Edy Lisdiyono, S.H., M.Hum. dari Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG), Semarang.

Di hari pertama, kegiatan akan diisi dengan pemaparan hasil review rancangan regulasi yang meliputi bidang akademik dan kelembagaan, bidang administrasi umum dan pengawasan, bidang kemahasiswaan dan alumni, serta bidang manajemen perdidikan tinggi. Sementara itu, hari kedua akan diawali dengan sidang komisi sebagai tindak lanjut dari hasil review, finalisasi rancangan regulasi dan diakhiri dengan sidang pleno.

Dalam kesempatan terpisah, Saiful Anam, M.A. selaku ketua pelaksana kegiatan yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Umum di IAIN Pekalongan menjelaskan bahwa kegiatan yang dikemas dalam bentuk FGD ini dimaksudkan untuk memperoleh masukan dari pakar di bidang legal drafting terkait rancangan Keputusan Rektor yang telah disusun oleh tim IAIN Pekalongan agar sesuai dengan kaidah hukum dan perundang-undangan.

Review Rancangan Regulasi Pengelolaan Perguruan Tinggi pada IAIN Pekalongan ini diharapkan akan mampu menghasilkan Keputusan Rektor tentang pengelolaan pendidikan tinggi sesuai dengan kaidah hukum dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Lebih jauh, Keputusan Rektor tersebut nantinya diharapkan akan mampu menjawab kebutuhan zaman berdasarkan visi dan misi organisasi._(Humas)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…