Print this page

Penutupan AMT Fakultas Syariah, Mahasiswa Deklarasikan Anti Radikalisme dan Terorisme

23 August 2019

Di hari terakhir pelaksanaan “Achievement Motivation Training (AMT)” Mahasiswa Baru 2019 Fakultas Syariah IAIN Pekalongan diwarnai aksi deklarasi Anti Radikalisme dan Terorisme yang dipandu oleh ketua Senat Mahasiswa dan Dewan Mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Pekalongan.

Deklaraasi ini merupakan rangkaian kegiatan AMT yang dilangsungkan tanggal 19-20 Agustus 2019 kemarin. Kegitan yang diikuti 379 mahasiswa baru Fakultas Syariah pada hari kedua mengangkat tema kearifan lokal dengan mengenakan atasan batik khas Kota Pekalongan, sebagai Sentra Batik Internasional, dipadu dengan setelan gelap.

Kegiatan diawali mulai apel pagi pukul 07.00 di halaman Auditorium IAIN Pekalongan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan terhadap Program Studi atau Jurusan yang ada di Fakultas Syariah. Setelah sehari sebelumnya disuguhi materi kefakultasan, dalam kesempatan ini peserta dibagi menjadi tiga kelompok sesuai dengan jurusannya masing-masing. Mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI) bertempat di ruang Auditorium bersama dengan Ketua Jurusan HKI, Mubarok, Lc., MA., yang didampingi Sekretaris Jurusan, Dahrul Muftadin, MHI. Sementara mahasiswa jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) beraudiensi dengan Tarmidzi, MSI., selaku Sekretaris Jurusan HES, menggantikan Dr. Mohammad Fateh, M.Ag. yang sedang melaksanakan ibadah haji, bertenpat di Ruang D1 gedung Fakultas Syariah didampingi Karimatul Khasanah, MSI. Mahasiswa jurusan Hukum Tata Negara (HTN) bertempat di Ruang D6 gedung Fakultas Syariah bersama dengan Ketua Jurusan, Ahmad Muchsin, SHI., M.Hum., didampingi Sekretaris Jurusan HTN, Jumailah, MSI.

Setelah acara audiensi dengan Ketua dan Sekretaris Jurusan usai, acara dilanjutkan dengan menggali potensi bakat dan minat dari para mahasiswa baru Fakultas Syariah yang didampingi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dari masing-masing jurusan.

Selepas sholat dzuhur dan istirahat makan siang, rangkaian acara dilanjutkan dengan pemateri dari Senat Mahasiswa (Sema) dan Dewan Mahasiswa (Dema) IAIN Pekalongan yang menjelaskan tentang Organisasi Kemahasiswaan, Sema dan Dema. Selanjutnya mahasiswa baru diperkenalkan dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai ajang asah bakat minat. Diantara UKM yang ada di Fakultas Syariah IAIN Pekalongan adalah UKM Baca Kitab, Karya Tulis Ilmiah, Peradilan Semu dan UKM Debat Hukum.

Tepat 15:30 setelah melaksanakan sholat ashar berjamaah, peserta “Achievement Motivation Training (AMT)” bersama seluruh panitia, didampingi oleh Wakil Dekan III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Mohammad Hasan Bisyri, M.Ag., mendeklarasikan Anti Radikalisme dan Terorisme yang dipandu Ketua Senat Mahasiswa, M.Hanif.

DEKLARASI ANTI RADIKALISME DAN TERORISME

Memperhatikan perkembangan kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini khususnya perkembangan radikalisme dan terorisme, dengan ini kami sivitas akademika dan mahasiswa Fakultas Syariah menyatakan sikap sebagai berikut:

  1. Kami berpegang teguh pada landasan bermasyarakat berbangsa dan bernegara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Pancasila sebagai ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia, Undang Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 dan semangat Bhineka Tunggal Ika
  2. Kami bertekad mempersiapkan dan membentuk generasi muda yang memiliki jiwa nasionalisme yang kuat, demokratis, jujur dan berkeadilan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan, etika akademik, hak asasi manusia, kemajemukan, kemakmuran, persatuan dan kesatuan bangsa yang berwawasan nusantara
  3. Kami menolak organisasi dari gerakan radikalisme, terorisme, komunisme dan atau yang berafiliasi dengan radikalisme, terorisme, komunisme, dan atau organisasi kemasyarakatan atau organisasi politik yang bertentangan dengan Pancasila, Undang Undang Dasar dan Peraturan Perundang-undangan
  4. Kami mengajak seluruh mahasiswa untuk melakukan upaya pencegahan terhadap paham dan atau gerakan radikalisme, terorisme, komunisme dan atau ideologi yang bertentangan dengan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Pekalongan, 20 Agustus 2019

Kegiatan kemudian ditutup dengan serangkaian acara penyerahan penghargaan kepada mahasiswa yang berprestasi satu tahun terakhir. Diawali dari peraih medali emas cabang pencak silat di ajang PIONIR 2019, Muhammad Habibillah, oleh Dekan Fakultas Syariah yang didampingi Wakil Dekan III. Kemudian untuk juara III lomba Musabaqoh Qiroatul Kutub di ajang yang sama diberikan kepada saudara Mas’ud. Dilanjutkan pemberian piagam penghargaan dari Fakultas Syariah untuk peraih juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, saudari Nurul Latifah dan kepada Tim Debat Konstitusi yang digawangi Imaro Sidqi dkk. Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada mahasiswa baru peserta AMT dengan berbagai kategori. Menempati terbaik dari kategori peserta teraktif adalah Lailatul Qomariyah, mahasiswa Hukum Keluarga Islam sementara dari kategori peserta paling disiplin diberikan kepada Uswatun Khasanah, mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah. Meraih predikat terbaik dari kategori kreatif adalah mahasiswa jurusan Hukum Tata Negara atas nama Tegar Himawan._(Fasya)

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…