Berdayakan Guru Matematika, Jurusan Tadris Matematika Adakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah

18 September 2019

Jurusan Tadris Matematika bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Pekalongan menggelar acara Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dengan tema “Mathematics For Life: Pemberdayaan Guru SMA/MA/SMK/MAK Kabupaten Pekalongan Melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah”, Pekalongan (10/8-7/9). Acara yang diadakan di Laboratorium Matematika dan Laboratorium Komputer Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) ini dibuka langsung oleh Ketua Pokja Santika Lya Diah Pramesti, M.Pd. dan dihadiri oleh Staff LP2M IAIN Pekalongan, Pemerintah Kabupaten, Dosen, Alumni, MGMP serta Guru SMA/MA/SMK/MAK di Kabupaten Pekalongan.

Pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan agar Guru SMA/MA/MAK/SMK di Kabupaten Pekalongan mengenal beberapa software matematika (SPSS) untuk mendukung pembelajaran matematika, mendapatkan pelatihan analisis data penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan mendapatkan pelatihan Literasi Informasi. Program yang dilakukan berupa sharing, workshop, dan pelatihan selama 5 kali tatap muka.

Materi yang dipaparkan dalam program meliputi Penelitian Tindakan Kelas(PTK), Kajian Teori dan Metode Penelitian, Instrumen Penelitian (THB, Validitas, Reliabilitas), Olah Data Kuantitatif dan Kualitatif, Hasil dan Kesimpulan Penelitian. Materi-materi pelatihan tersampaikan dengan baik dan jelas oleh para pemateri, yaitu dosen-dosen Jurusan Tadris Matematika IAIN Pekalongan, diantaranya Dr. H. Salafuddin, M. Si., Nalim, M. Si., Umum Budi Karyanto, M. Hum., Juwita Rini, M. Pd. dan Alimatus Sholihah, M. Pd.

Untuk mencapai target-target yang telah direncanakan ditetapkan dalam program pemberdayaan ini, maka dilakukan 6 langkah strategis, yaitu: (1) Program Pengenalan dan Silaturahmi untuk melaksanakan perencanaan dengan MGMP Guru; (2) Penentuan Lokasi Pemberdayaan; (3)  Sosialisasi Program; (4) Pelaksanaan Program; (5) Monitoring dan Evaluasi; dan (6) Penyusunan Laporan dan Dokumentasi.

Selama program berlangsung, para peserta terlihat cukup antusias dalam menyampaikan pertanyaan dan tanggapan serta diskusi. Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dengan tema “Mathematics For Life: Pemberdayaan Guru SMA/MA/SMK/MAK Kabupaten Pekalongan Melalui Pelatihan Karya Tulis Ilmiah” ini diakhiri dengan penyerahan sertifikat oleh ketua jurusan tadris matematika umum budi karyanto, M. Hum. , ramah-tamah serta foto bersama. _(Tadris Matematika)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…