UKM Seni Musik El-Fata IAIN Pekalongan Semarakkan Pekan Raya Kajen 2019

19 September 2019

Pekan Raya Kajen (PRK) 2019, yang sebelumnya dikenal dengan Kajen Expo, kembali digelar untuk menyambut Hari Ulang Tahun ke-397 Kabupaten Pekalongan. Berlokasi di Alun-alun Kajen, PRK 2019 berlangsung selama 8 (delapan) hari, dimulai dari 8-15 September 2019 dengan showtime dari pukul 14:00 hingga 22:00 WIB. Agenda tahunan yang diseleggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi, di Taman Boulevard, Kajen, Minggu (8/9) sore.

Gelaran yang bertemakan The Beauty of Pekalongan ini mempromosikan PRK sebagai momentum untuk memajukan perekonomian masyarakat Kabupaten Pekalongan dengan mengusung konsep yang atraktif dan menyajikan hiburan dari rakyat dan untuk rakyat. Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Hurip Budi Riyantini, menjelaskan bahwa Beauty merupakan kepanjangan dari Batik, Ecotourism, Agribusiness, Unique Culture, Tourism, and Your Best Investment. “Kabupaten Pekalongan memiliki banyak potensi dari segi batik, warisan budaya, kebudayaan dan kesenian, hasil bumi, dan banyak aspek lain yang dapat dieksplor untuk dijadikan investasi yang menjanjikan,” paparnya.

Panitia penyelenggara mencatat sekitar 400 ribu pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat Jawa Tengah yang berasal dari Kabupaten Pekalongan, Kota Pekalongan, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Batang, Kabupaten Banjarnegara, dan sekitarnya turut meramaikan PRK 2019 ini. Peserta PRK 2019 terdiri dari pengusaha multiproduk, Satuan Satuan Kerja Perangkat Dinas, pelaku UMKM, dan pedagang kaki lima.

Sementara itu, Asip Kholbihi menerangkan bahwa nilai transaksi selama pelaksanaan PRK 2019 mencapai Rp 10,5 miliar. “Capaian tersebut menunjukkan event PRK 2019 mampu menggerakkan perputaran roda ekonomi masyarakat,” tegasnya. Lebih lanjut, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun, menyebutkan bahwa berbagai inovasi telah dipersiapkan untuk mengesankan PRK 2019 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, antara lain dengan memberikan hadiah umroh, sepeda motor, dan hadiah menarik lainnya serta menyediakan zona keluarga, zona multiproduk, zona kuliner, dan zona Organisasi dan Perangkat Daerah (OPD) dan instansi.

Selain itu, PRK 2019 juga menampilkan kesenian tradisional dan musik dari berbagai grup dan komunitas yang terdapat di Kabupaten Pekalongan, termasuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Seni Musik El-Fata IAIN Pekalongan. Panitia penyelenggara memberikan ruang kepercayaan kepada El-Fata IAIN Pekalongan yang sudah dikenal dengan kualitas alunan musik indahnya sekaligus mewakili UKM Seni Musik di wilayah Kabupaten Pekalongan pada level perguruan tinggi.

Kontribusi El-Fata dalam PRK 2019 bertujuan untuk menggaungkan eksistensi UKM Seni Musik ini secara khusus dan IAIN Pekalongan secara umum serta menjalin relasi dan kerja sama dengan pihak-pihak eksternal kampus dalam bidang seni musik. Kesempatan baik ini dilaksanakan oleh UKM Seni Musik El-Fata IAIN Pekalongan sebagai bagian dari serangkaian ragam acara yang memorable dan ajang promosi potensi generasi muda yang penuh dengan keterampilan dan prestasi dalam acara PRK 2019 ini. _(Humas Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…