IAIN Pekalongan Gelar Rapat Kerja Penyusunan RKA-KL Tahun Anggaran 2020

20 September 2019

IAIN Pekalongan menggelar Rapat Kerja Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) Tahun Anggaran 2020. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, pada Rabu-Jumat, 18-20 September 2019 di MG Suites Hotel Semarang. Kegiatan penyusunan RKA-KL ini dimaksudkan dalam rangka mengadakan koordinasi dalam bidang anggaran pada seluruh unit kerja, mulai dari fakultas, biro, lembaga, unit pelaksana teknis, bagian, subbagian di lingkungan IAIN Pekalongan. Dalam kegiatan ini juga dipaparkan beberapa isu-isu strategis pengembangan kampus, penetapan kegiatan skala prioritas dan kebijakan pimpinan dalam mengalokasikan anggaran dengan tetap berpedoman pada renstra guna mendukung tercapainya visi dan misi IAIN Pekalongan.

Pembukaan acara secara resmi dilakukan oleh Rektor, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. sebagai pertanda dimulainya kegiatan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada segenap peserta yang telah hadir memenuhi kegiatan ini. Rektor mengharapkan agar kegiatan ini dapat menghasilkan dokumen program dan kegiatan yang dituangkan dalam RKA-KL IAIN Pekalongan Tahun Anggaran 2020 demi kemajuan dan pengembangan IAIN Pekalongan ke depan.

Lebih lanjut, Rektor juga memberikan arahan kepada para peserta untuk merancang program dan kegiatan strategis yang selaras dengan visi dan misi IAIN Pekalongan. Oleh karena itu, para peserta kegiatan ini perlu untuk menentukan visium yang merupakan kebalikan dari misium. Istilah pertama mempunyai makna ‘menghadirkan hal dari masa lalu ke masa sekarang’, sedangkan istilah kedua berarti ‘menghadirkan sesuatu/impian-impian pada masa mendatang ke masa sekarang’. “Visium tercermin pada Kampus II IAIN Pekalongan di Rowolaku, Kajen yang akan ditata dan dikembangkan sedemikian rupa sesuai dengan master plan pembangunan gedung baru,” tuturnya.

Kegiatan penyusunan RKA-KL IAIN Pekalongan Tahun Anggaran 2020 memfokuskan pada beberapa program, yaitu: peningkatan sarana dan prasarana, program pengembangan akademik, program-program fakultas termasuk pengembangan jurnal-jurnal ilmiah, program pengembangan kemahasiswaan, program pengembangan kompetensi dosen dan pegawai, program tata kelola kampus serta program pendukung penyelenggaraan pendidikan tinggi pada IAIN Pekalongan.

Materi pada hari pertama (Rabu, 18/9) ialah Program Prioritas IAIN Pekalongan Tahun Anggaran 2020 dan Sosialisasi Regulasi Penganggaran Berbasis Kinerja. Kepala Bagian Perencanaan dan Keuangan, H. Irham Baihaqi Thoha, S.E., M.M., melaporkan bahwa Pagu Alokasi Anggaran (definitif) perlu segera disusun sebagai tindak lanjut dari alokasi anggaran Pagu Indikatif. “Program-program prioritas yang didesain oleh setiap unit kerja harus berbasis Renstra IAIN Pekalongan dan ditujukan sebagai penunjang akreditasi,” jelasnya.

Materi kegiatan pada hari kedua (Kamis, 19/9) meliputi pengantar teknis penyusunan, workshop aplikasi RKA-KL, pendampingan penyusunan anggaran serta verifikasi alokasi anggaran tahun 2020. Sementara itu, Penyerahan Arsip Data Komputer (ADK) Hasil Penyusunan RKA-KL IAIN Pekalongan Tahun Anggaran 2020 menjadi pembahasan pada hari ketiga (Jumat, 20/9) sekaligus penutupan kegiatan. _(Humas Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…