FUAD IAIN Pekalongan Sukses Selenggarakan 1st ICRCS

23 September 2019

Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) IAIN Pekalongan telah sukses menyelenggarakan 1st ICRCS (International Conference on Religion Culture and Spirituality For Moslem Society) di Hotel Dafam Pekalongan (18-19/9). Acara dengan peserta 200 orang ini dibuka langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan  Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan forum internasional di bidang ilmu pengetahuan agama, kebudayaan dan spiritualitas bagi para peneliti, akademisi, profesional, dan mahasiswa dari seluruh dunia. Sebagaimana dinyatakan oleh Dekan FUAD Dr. Imam Kanafi, M.Ag “konferensi internasional ini mempertemukan para akademisi, peneliti, mahasiswa, dan kelompok terkait lainnya dari seluruh dunia yang memiliki minat pada teori dan praktik di bidang studi agama, kebudayaan dan spiritualitas”.

Di hari pertama yang bertindak sebagai narasumber dalam acara ini adalah Prof. Dr. Achmad Gunaryo, M.Soc.,SC dari UIN Walisongo Semarang dan Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag Rektor IAIN Pekalongan. Prof. Dr. Achmad Gunaryo, M.Soc.,SC menyampaikan materi mengenai Deradicalisation as a Way of Tackling Future Terrorism: Indonesian Experience. Sedangkan Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag menyampaikan materi mengenai Religious Radicalism From Ushul Fiqh Perspective.

Acara dilanjutkan pada hari ke 2, dengan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama diisi oleh pembicara Dr. Haji Harapandi Dahri dari KUPU SB Brunai Darussalam dan Dr. Aini Maznina A. Manaf dari IIUM Malaysia, Dr. Haji Harapandi Dahri menyampaikan materi mengenai في كمياء السعادة لحجة الإسلام إمام الغزالي    التصوف والتسامح الديني والتنوع , Sedangkan Dr. Aini Maznina A. Manaf menyampaikan materi mengenai Media of Da’wah (Masa’il-al-Da’wah): The case Islamic Reality TV Shows.

Sesi Kedua, beberapa pemateri tanah air (Salatiga, Kudus, Ambon, Palopo, Jakarta, Surabaya, dan Aceh) juga berkesempatan mempresentasikan artikelnya di panggung akademik ini.

Pada sore harinya, acara ini ditutup oleh Dekan FUAD. Dalam penutupan acara beliau menyampaikan bahwa “ICRCS ini menjadi awal yang baik bagi perkembangan Budaya akademik di Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, InsyaAllah kedepan akan ada kelanjutannya yaitu 2nd ICRCS”. Kesuksesan acara ini didukung oleh International Institute of Islamic Tought (IIIT), Jurnal Religia, Jurnal Penelitian, Islamic Studies Journal For Social Transformation (ISJOUST), Suara Merdeka Network, Batik TV, Hotel Dafam, Radio RKS, Radio Kota Batik._(FUAD)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…