Jurnal Edukasia Islamika IAIN Pekalongan Tembus SINTA 2

14 October 2019

IAIN Pekalongan patut bersyukur dan berbahagia, pasalnya Jurnal Edukasia Islamika yang dikelola oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pekalongan tembus peringkat 2 akreditasi jurnal ilmiah nasional (sinta 2). Prestasi membanggakan ini berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 28/E/KPT/2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode V tahun 2019 yang ditetapkan di Jakarta tanggal 26 September 2019.

Jurnal Edukasia Islamika merupakan jurnal tentang Pendidikan Islam yang ber ISSN 25485822. Jurnal ini mendapatkan peringkat ke 2 berdasarkan usulan baru mulai volume 3 nomor 1 tahun 2018. Berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, akreditasi jurnal ilmiah berlaku selama lima tahun mulai dari nomor penerbitan jurnal yang ditetapkan. Ini berarti, status akreditasi sinta 2 jurnal Edukasia Islamika FTIK IAIN Pekalongan berlaku mulai volume 3 nomor 1 tahun 2018 hingga lima tahun ke depan.

Rektor IAIN Pekalongan, Bapak Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag mengapresiasi atas prestasi dan kerja keras pengelola jurnal Edukasia Islamika. Prestasi luar biasa ini patut dicontoh oleh pengelola jurnal yang lain, meski pertama kali mengajukan akreditasi, langsung meraih predikat sinta 2. Hal senada juga disampaikan Bapak Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Beliau sangat terharu dengan capaian ini, tak lupa beliau juga mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pengelola yang telah gigih dan tak kenal lelah dalam upaya menjadikan Edukasia Islamika sebagai jurnal ilmiah nasional terakreditasi.

Sementara itu, Jurnal Penelitian yang dikelola Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Pekalongan bertahan di urutan ke 3 peringkat akreditasi jurnal ilmiah nasional. Jurnal penelitian LP2M IAIN Pekalongan ber ISSN 25416944 yang dikukuhkan sebagai jurnal nasional terakreditasi peringkat 3 (sinta 3) dimulai dari volume 15 nomor 2 tahun 2019.

Sebagai informasi bahwa IAIN Pekalongan saat ini memiliki 9 (sembilan) jurnal ilmiah berskala nasional dan internasional, diantaranya adalah Jurnal Edukasia Islamika (Jurnal Pendidikan Islam) dikelola oleh FTIK, Jurnal Penelitian dikelola oleh LP2M, Jurnal Hukum Islam dikelola oleh Fakultas Syari'ah, Jurnal Religia (Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman) dikelola oleh Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Jurnal Muwazah (Jurnal Kajian Gender) dikelola oleh Pusat Studi Gender, Jurnal Hikmatuna (Journal for Integrative Islamic Studies) dikelola oleh Pascasarjana, Jurnal Alsinatuna dikelola oleh Prodi Pendidikan Bahasa Arab FTIK, Islamic Studies Journal for Social Transformation dikelola oleh LP2M, dan International Journal of Islamic Businnes and Economics dikelola oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Adapun informasi lebih lanjut mengenai jurnal tersebut dapat diakses di http://e-journal.iainpekalongan.ac.id/._(Humas_Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…