Jurusan PGMI Adakan Workshop Pengembangan Multimedia Pembelajaran Augmented Reality

14 October 2019

Revolusi industri 4.0 menuntut kita untuk menguasai teknologi dengan berbagai jenisnya yang terus berkembang. Terlebih untuk  pendidik seperti guru dan dosen sangat dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman karena yang dihadapi oleh pendidik saat ini adalah generasi milenial yang kesehariannya sangat erat dengan penggunaan teknologi.

Berbagai media pembelajaran berbasis teknologi tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat, salah satunya adalah Augmented Reality.  Augmented Reality (AR) atau dalam kamus KBBI disebut Realita Berimbuh merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan atau tiga dimensi ke dalam lingkungan dunia nyata lalu benda tersebut diproyeksikan dalam waktu yang nyata. Dengan kata lain, AR bersifat sebagai tambahan atau pelengkap kenyataan.

Cara kerja dari multimedia AR ini adalah dengan men-scan atau mengarahkan kamera dari aplikasi yang telah diunduh ke gambar yang telah diberikan. Kemudian gambar yang dua dimensi akan terlihat seperti tiga dimensi, bahkan bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Multimedia AR dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik karena belajar dengan suasana bermain yang menyenangkan.

Sebagai salah satu upaya untuk memfasilitasi dosen dan guru dalam mengenal dan mengembangkan multimedia pembelajaran Augmented Reality, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) FTIK IAIN Pekalongan mengadakan Workshop Pengembangan Multimedia Pembelajaran Augmented Reality.

Acara ini digelar mengingat pentingnya penguasaan teknologi dalam multimedia pembelajaran di tengah generasi milenial. Peserta kegiatan ini berjumlah 46 (empat puluh enam) orang yang terdiri dari 32 dosen di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan 14 guru dari beberapa sekolah yang telah menjalin kerja sama dengan Jurusan PGMI. Workshop multimedia pembelajaran Augmented Reality ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 11 – 12 Oktober 2019 di Hotel Pesona Kota Pekalongan dengan pemateri Jaslin Ikhsan, Ph.D dan Dian Ernawati, S.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Hari pertama, peserta mendapat materi tentang pentingnya multimedia dalam pembelajaran di kelas. Jaslin Ikhsan, Ph.D membuka cakrawala peserta terkait penggunaan multimedia berbasis AR ini di berbagai belahan dunia dan dampaknya terhadap peningkatan peserta didik, baik dari segi motivasi, minat ataupun yang lainnya. Hari kedua workshop diisi dengan praktik langsung membuat aplikasi Augmented Reality bagi para peserta dipandu oleh Dian Ernawati, S.Pd.

Awalnya peserta merasa kesulitan karena banyaknya tahapan yang harus dilalui dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Meskipun demikian peserta tetap antusias untuk melanjutkan proses pembuatan multimedia Augmented Reality ini. Salah satu peserta, Emil dari Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah (MIS) Kemasan Bojong, mengaku bahwa workshop ini sangat menarik meskipun Emil merasa kurang menguasai IT dan berharap ini bisa diaplikasikan bersama dengan anak-anak didiknya.

Sementara itu, Izudin dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Gondang Wonopringgo sangat berterimakasih atas kesempatan yang diberikan karena dapat mengikuti workshop yang menarik ini. Dalam sambutannya, Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag., selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengapresiasi kegiatan ini karena telah mengikutsertakan para guru dari MI sehingga ilmu yang didapat dari workshop ini dapat diaplikasikan di sekolah masing-masing._(PGMI)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…