7 Dosen IAIN Pekalongan Terima Bantuan Anggaran Litapdimas Kemenag RI 2020

14 October 2019

Baru-baru ini, sebanyak 7 dosen IAIN Pekalongan ditetapkan sebagai nominee terpilih penerima bantuan dana penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat (Litapdimas) dari Kementerian Agama tahun anggaran 2020. Seleksi bantuan program Litapdimas ini dilakukan di tahun 2019 dengan waktu pelaksanaan tahun 2020, setelah ditetapkan lebih lanjut oleh Pejabat Pembuat Komitmen terkait alokasi dana dan pencairan anggaran. Nominee terpilih tersebut ditetapkan melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Pendis Kemenag RI) masing-masing dengan Nomor SK 5368, 5367, 5359 dan 5352 Tahun 2019, tertanggal 26 September 2019.

Nominee terpilih dari para dosen IAIN Pekalongan tersebar ke dalam 4 (empat) klaster yang berbeda, yaitu pertama, klaster Penelitian Kolaborasi Internasional oleh Tri Astutik Haryati dan Miftahul Ula; kedua, klaster Penelitian Terapan Internasional oleh Nanang Hasan Susanto dan Ani; ketiga, klaster Pengabdian kepada Masyarakat Kolaborasi Internasional oleh Muhlisin dan Muhammad Jauhari Sofi; dan keempat, klaster Peningkatan Kualitas Jurnal Bereputasi Internasional oleh Ningsih Fadhilah.

Pemberian bantuan anggaran Litapdimas 2020 oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama kepada para nominee terpilih ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan partisipasi aktif sivitas akademika di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam kegiatan penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam seleksi penerimaan bantuan tahun anggaran 2020 kali ini, telah ditetapkan sebanyak 569 nominee terpilih dari total 28 klaster pusat.

Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. turut bersyukur atas capaian yang diraih oleh para dosen IAIN Pekalongan penerima bantuan program Litapdimas Kemanag RI tahun 2020. Beliau berharap mereka akan mampu membawa nama institusi ke tingkat nasional bahkan mancanegara. Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Muhlisin, M.Ag. menyampaikan kiranya para dosen terpilih bisa menjadi penyemangat dosen-dosen lain untuk terus mengembangkan kompetensi di bidang penelitian, publikasi ilmiah, dan pengabdian kepada masyarakat, terutama melalui kolaborasi internasional. Pengembangan kompetensi ini dirasa sangat penting sebagai upaya akselerasi pencapaian visi dan misi kampus, terangnya.

Sebelumnya, para nominee terpilih telah mengikuti kegiatan Annual Conference on Research Proposal (ACRP) yang diselenggarakan pada tanggal 17-19 September 2019 lalu di Hotel Horison Grand Serpong Tangerang, Banten. Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas para nominee sebelum mereka memulai penelitian, publikasi ilmiah, atau pengabdian kepada masyarakat. Dalam ACRP tersebut, para nominee mempresentasikan proposal kegiatan di hadapan para penguji atau reviewer independen yang telah ditunjuk oleh panitia seleksi Ditjen Pendis Kemenag RI._(Humas Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…