Pascasarjana IAIN Pekalongan Selenggarakan Konferensi Internasional Kedua

09 October 2019

Sabtu, 5 Oktober 2019 Program Pascasarjana IAIN Pekalongan menyelenggarakan acara “The 2nd International Conference on Islamic Studies: Muslim Resources toward the Industrial Revolution 4.0”. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 5 dan 6 Oktober 2019, bertempat di Hotel Dafam Pekalongan.  Konferensi dimulai pada Sabtu 13:00 WIB dan dibuka langsung oleh Sekda Kota Pekalongan yang bertindak mewakili Walikota Pekalongan.

Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. dalam sesi welcoming remark menuturkan bahwa tema konferensi yang dipilih sangat relevan dan menarik untuk kita kaji, mengingat salah satu tantangan besar dunia Islam saat ini berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam era Revolusi Industri 4.0. Menurut Dr. Ade, kemajuan IPTEK turut membawa banyak kemudahan dalam kehidupan manusia. Namun demikian, pada saat yang sama ia juga menjadi tantangan dalam kaitannya dengan penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas. “Therefore, strategic steps to prepare good human resources in response to the IR 4.0 era become very important,” tandasnya. 

Acara The 2nd International Conference on Islamic Studies ini dihadiri oleh para pimpinan di lingkungan IAIN Pekalongan, yakni Rektor, para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Dekan, Wakil Dekan, serta para kepala unit dan lembaga. Turut hadir dalam acara konferensi adalah Ketua MUI Kota Pekalongan, Wakil Walikota Pekalongan dan Sekda Kota Pekalongan. Konferensi internasional diikuti oleh para pemakalah dari berbagai perguruan tinggi di Jawa Tengah, khususnya Pekalongan. Seluruh pemakalah selanjutnya mempresentasikan makalah mereka sesuai dengan jadwal yang terbagi dalam 2 (dua) hari. 

Acara konferensi internasional ini mendatangkan keynote speakers pakar kajian keislaman dari dalam dan luar negeri. Para pembicara dari dalam negeri meliputi Prof. Dr. Marsudi Wahyu Kisworo (Komisioner Independen PT. Telkom) dan Prof. Dr. Masykuri Abdillah dari UIN Jakarta, sedangkan para pembicara dari luar negeri meliputi Prof. Dr. Abdul Nasir bin Haji Abdul Rani (UNISSA, Brunei Darussalam) dan Prof. Dr. Anshari P. Ali (MSU, Philipina). Masing-masing pembicara tersebut meninjau fenomena Revolusi Industri 4.0 dalam kaitannya dengan sumber daya umat Islam dari sudut pandang yang berbeda.

Penanggung jawab konferensi internasional, Dr. Makrum, M.Ag yang juga menjabat Direktur Program Pascasarjana IAIN Pekalongan, menjelaskan bahwa acara konferensi internasional ini merupakan salah satu bentuk kontribusi Pasacsarjana IAIN Pekalongan dalam merespon isu-isu aktual yang sedang berkembang di dunia Islam, terutama dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0. Tema-tema yang diangkat mencakup isu keagamaan, pendidikan, manajemen, ekonomi, politik, sosial, budaya, keluarga dan lain sebagainya. Diharapkan, acara ini dapat menawarkan gagasan-gagasan akademis sebagai upaya untuk menyambut era industri yang baru. 

Selama acara konferensi berlangsung, para peserta diskusi dan pemakalah terlihat sangat antusias dalam menyampaikan pertanyaan dan tanggapan. Acara “The 2nd International Conference on Islamic Studies: Muslim Resources toward the Industrial Revolution 4.0” ini ditutup oleh Direktur Program Pascasarjana IAIN Pekalongan Dr. Makrum, M.Ag. pada Minggu 6 Oktober 2019 pukul 16:00 WIB dan disusul dengan foto bersama dengan seluruh peserta konferensi._(Humas Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…