Turut Kurangi Angka Pengangguran, IAIN Pekalongan Gelar Job Fair

04 October 2019

IAIN Pekalongan melaksanakan kegiatan Job Fair selama 2 hari, pada tanggal 2-3 Oktober 2019 bertempat di kampus II Rowolaku Kajen. Job fair atau bursa kerja ini merupakan job fair yang kedua dan selanjutnya akan menjadi kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan di IAIN Pekalongan.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan Job Fair ini adalah mempertemukan para pencari kerja dengan pihak yang membutuhkan tenaga kerja, yang pada akhirnya dapat mengurangi pengangguran. Sehingga, baik para pencari kerja maupun perusahaan dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan kegiatan ini.

Job Fair IAIN Pekalongan dibuka untuk umum baik itu alumni IAIN Pekalongan ataupun masyarakat luas dengan jenjang pendidikan SMA/sederajat hingga S1 dan tidak dipungut biaya/GRATIS. Job fair tahun ini diikuti oleh 43 perusahaan, yang berasal dari berbagai kota di Indonesia, seperti Pekalongan, Pemalang, Tegal, Semarang, Cirebon, Majalengka, Depok, Jakarta, dan kota-kota lainnya. Perusahaan tersebut diantaranya adalah PT Sinarmas Finance, PT Bank Mega, PT Toyota Auto 2000 Majalengka, PT Ciputra, Optik Diamond Cirebon, PT Aditya Mandiri Sejahtera Depok, dan perusahaan lainnya. Selain itu, kegiatan job fair ini diikuti oleh 1500-2000 pencari kerja dari Pekalongan dan sekitarnya. Sebagaimana disampaikan oleh ketua panitia Moh. Muslih, Ph.D. yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, "Yang menjadi pembeda dari pelaksanaan Job Fair tahun ini adalah pelaksanaan pendaftaran, baik pencari kerja maupun perusahaan dilaksanakan secara online yang dapat diakses di jobfair.iainpekalongan.ac.id". "Selain untuk mengikuti perkembangan zaman yang serba online, juga untuk memudahkan kita dalam memetakan alumni IAIN Pekalongan yang terserap. Data ini  dibutuhkan untuk kami melakukan penelusuran alumni atau tracer study", tuturnya.

Selain itu, setelah 1 (satu) bulan dari pelaksanaan Job Fair ini, melalui website tersebut perusahaan dapat mengirimkan laporan penempatan kerja sehingga akan diperoleh informasi tentang penempatan tenaga kerja yang terjaring dalam kegiatan job fair tersebut.

Pada kegiatan Job Fair ini juga dilaksanakan Entrepreneurship Expo atau ekspos karya kreatif mahasiswa dan alumni IAIN Pekalongan. Kegiatan Expo ini sejalan dengan salah satu tagline IAIN Pekalongan, yaitu Entrepreneurship yang mendorong mahasiswa atau alumni untuk mandiri, untuk berkreasi dan berinovasi sesuai dengan zamannya, yaitu era milenial. Kegiatan expo diikuti oleh 22 peserta dari mahasiswa dan alumni IAIN Pekalongan yang mengekspos karya kreatifnya pada 2 hari pelaksanaan kegiatan Job Fair tersebut._(Humas_Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…