IAIN Pekalongan Gelar Workshop Penyusunan ANJAB dan Review SOP

04 October 2019

IAIN Pekalongan mengadakan acara workshop penyusunan analisis jabatan (anjab) dan review Standar Operasional Prosedur (SOP) selama tiga hari, pada tanggal 2 – 4 Oktober 2019 bertempat di Hotel New Puri Garden Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh para pejabat struktural mulai dari Kepala Biro, Kepala Bagian, Kepala Sub Bagian, Kepala UPT sampai dengan staf pelaksana pada masing-masing unit kerja di lingkungan IAIN Pekalongan.

Latar belakang dari kegiatan ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bagian Umum, Bapak Saiful Anam, S.Ag., M.A selaku ketua panitia kegiatan bahwa sejak alih status STAIN menjadi IAIN, IAIN Pekalongan belum memiliki analisis jabatan, baik jabatan eselon maupun jabatan pelaksana. Sementara SOP, sudah ada yang disusun pada tahun 2018, akan tetapi masih standar minimal dalam bentuk flowchart, adapun deskripsi lengkap terkait SOP belum disusun. Oleh karena itu, SOP yang sudah ada tersebut perlu direview dan disempurnakan kembali, tuturnya.

Lebih lanjut Bapak Saiful Anam, S.Ag., M.A menjelaskan bahwa tujuan dari penyusunan analisis jabatan ini adalah: pertama, para pemangku jabatan, termasuk pelaksana dapat memahami tugas, wewenang dan tanggung jawabnya; kedua, sebagai dasar perhitungan kebutuhan pegawai; ketiga, sebagai dasar melakukan analisis beban kerja (ABK) setiap pegawai; dan keempat, memperbaiki tata kelola yang baik, sebagaimana diamanatkan dalam visi dan misi IAIN Pekalongan, khususnya misi yang keempat yaitu menyelenggarakan tata kelola kelembagaan secara profesional, transparan, dan akuntabel dalam rangka mencapai kepuasan sivitas akademika dan pemangku kepentingan. Adapun materi dari kegiatan workshop ini diantaranya adalah: pertama, orientasi dan penyamaan persepsi mengenai analisis jabatan; kedua, penyusunan dokumen analisis jabatan; ketiga, review SOP dan identifikasi jenis-jenis pelayanan yang perlu dibuat standar baku; keempat, harmonisasi analisis jabatan antar unit kerja; dan kelima, presentasi anjab dan deskripsi SOP oleh masing-masing pimpinan unit kerja, imbuhnya.

Workshop penyusunan anjab dan review SOP ini dibuka oleh Rektor IAIN Pekalongan, Bapak Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag pada hari Rabu, 2 Oktober 2019 pukul 15.00 WIB. Dalam sambutannnya, beliau menyampaikan bahwa penyusunan anjab ini merupakan kegiatan yang sangat penting guna meningkatkan tata kelola kelembagaan di lingkungan IAIN pekalongan menuju good university governance . Sementara review SOP merupakan penyempurnaan dari SOP yang telah ada sebelumnya. Beliau menegaskan, bahwa anjab merupakan pedoman yang dapat memberikan penjelasan tentang tugas-tugas pimpinan dan staf pelaksana sehingga melalui anjab dan SOP yang telah disempurnakan, pimpinan dan staf mampu memahami berbagai tugas yang menjadi tanggung jawabnya serta mengimplementasikannya disertai pakta integritas yang telah dibuat sebelumnya.

Dengan disusunnya anjab dan review SOP ini diharapkan mampu meningkatkan profesionalisme, integritas dan religiusitas para pimpinan dan staf di lingkungan IAIN Pekalongan. Hal ini sejalan dengan salah satu pesan Menteri Agama RI terkait reformasi birokrasi di seluruh institusi Kementerian Agama tentang tata kelola, disamping itu sejalan pula dengan milestone era pertama IAIN Pekalongan terkait dengan perbaikan sistem, tata kelola dan manajemen. Dalam mengakhiri sambutannya, beliau berharap bahwa hasil penyusunan anjab ini perlu dibukukan termasuk deskripsi terkait ringkasan tugas masing-masing pimpinan dan staf yang didesain dalam bentuk buku saku agar mudah dibawa dan dibaca. Selain itu, baik anjab maupun SOP diharapkan selesai pada tahun 2019 ini, tandasnya._(Humas_Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…