IAIN Pekalongan Raih Piala MTQ XXVI Jateng 2019

27 September 2019

Mahasiswa IAIN Pekalongan berkompetisi dengan mahasiswa lain dari berbagai perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Jawa Tengah pada ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an  (MTQ) Mahasiswa XXVI Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. MTQ ini dilaksanakan pada 23-25 September 2019, bertempat di Asrama Haji Donohudan Boyolali dengan memperlombakan lima cabang yaitu Tartil al-Qur’an, Tilawah Qur’an, Tahfidz 5 Juz dan Tilawah, Tafsir al-Qur’an Bahasa Inggris, dan Musabaqah Makalah Ilmiah Al Qur’an yang diperlombakan untuk kategori mahasiswa putra dan putri.

Pada musabaqah kali ini, mahasiswa IAIN Pekalongan berhasil menorehkan prestasi, diantaranya adalah M. An’iem Falahudin, mahasiswa semester 3 Prodi Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) berhasil meraih predikat juara 3 pada cabang Tafsir al-Qur’an Bahasa Inggris putra. Melengkapi prestasi pada cabang ini, Lailatun Naja, mahasiswa prodi Ilmu al-Qur'an dan Tafsir Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD), memperoleh predikat juara harapan II pada kategori putri. Sementara pada cabang tartil al-Qur’an, M. Sodiq Lutfil Hakim, mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab, dan Rizki Aulia Nur mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam (FTIK) memperoleh predikat juara harapan II dan III untuk kategori putra dan putri. Tidak mau ketinggalan juga turut meraih prestasi, Naizila Khilyatul Aulia yang merupakan mahasiswa baru prodi PBA, FTIK berhasil meraih juara harapan III pada cabang Tahfidz 5 Juz dan Tilawah kategori putri.

Beberapa waktu sebelumnya, Faisal Safri, mahasiswa semester 1 prodi PAI, FTIK berhasil meraih juara II pada Gebyar Seni Qur’aniy (GSQ) XI se Jawa Tengah dan DIY di IAIN Salatiga untuk cabang Kaligrafi Kontemporer.

Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag memberikan apresiasi terhadap prestasi yang telah diraih para mahasiswa ini. “Saya selaku pribadi dan mewakili sivitas akademika IAIN Pekalongan memberikan selamat dan apresiasi atas prestasi mahasiswa ini”, tuturnya. Di tempat berbeda, Moh. Muslih, Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama  menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas prestasi mahasiswa dalam lomba MTQ ini. “Kami berharap para mahasiswa dapat semakin semangat berlatih dan meningkatkan kemampuannya untuk lebih berprestasi lagi, terlebih diantara mahasiswa yang meraih juara ini adalah mahasiswa baru. Kami akan mendorong dan memberikan pembinaan kepada para mahasiswa untuk dapat mengembangkan bakat dan minatnya”, tambah beliau. (Humas_Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…