Jurusan Tadris Matematika Gelar Olimpiade Matematika

28 October 2019

Pekalongan – Olimpiade Matematika Tingkat SMA/ Sederajat dan Lomba Media Pembelajaran Matematika Tingkat Perguruan Tinggi se-Jawa Tengah dan DIY dalam kegiatan IAIN Pekalongan Mathematics Competition (IPMC) 2019 berlangsung sukses, pada Minggu (27/10/2019) di gedung FTIK, IAIN Pekalongan.

Ketua Pelaksana IPMC 2019, Najib Bhakti Ananda dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta yang telah tiba di gedung FTIK, IAIN Pekalongan, untuk berkompetisi mengikuti Olimpiade Matematika dan Lomba Media Pembelajaran Matematika. Dan di akhir sambutannya, dia mengajak peserta untuk menyerukan jargon jurusan Tadris Matematika, yaitu Salam Tadris Matematika: Generasi Hebat, Generasi Matematika, Salam Perhitungan!.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Matematika, Dicky Alfian Yazid H menambahkan dengan mengharapkan kegiatan ini ke depannya agar dapat berjalan lebih baik lagi dengan jumlah peserta lebih banyak lagi. “Kegiatan IPMC 2019 merupakan kali pertama dari HMJ Tadris Matematika IAIN Pekalongan sehingga kami memohon maaf atas segala kekurangan. IPMC 2019 ini, kami jadikan sebagai pembelajaran kami untuk penyelenggaraan kedua di tahun depan.”, katanya.

Bapak Abdul Khobir, M.Ag. selaku Wakil Dekan III FTIK IAIN Pekalongan yang membuka lomba mengapresiasi kegiatan. Beliau berharap agar peserta, baik peserta Olimpiade Matematika maupun Lomba Media Pembelajaran Matematika untuk dapat mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir, sehingga dapat mengukur kemampuan di bidang matematika sekaligus memaparkan tujuan terselenggaranya kegiatan ini.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin silaturahmi, membuka sinergi, menjadikan kerjasama dan hubungan antara fakultas dengan perguruan tinggi, khususnya FTIK termasuk jurusan Tadris Matematika. Adanya kegiatan ini, silaturahmi tetap terjalin sehingga generasi Tadris Matematika berikutnya adalah adik-adik siswa SMA/ sederajat peserta lomba ini. Kita tidak hanya membutuhkan mahasiswa yang bisa agama tetapi seimbang dengan pemahaman science juga.”, tegasnya.

Olimpiade Matematika pada IPMC 2019 diikuti oleh 34 siswa SMA/ Sederajat dari berbagai wilayah, antara lain SMK Muhammadiyah Karanganyar, MAN 1 Kota Pekalongan, SMAN 1 Kandangserang, SMAN 1 Kesesi, SMKN 1 Sragi, MA Al Mizan, SMAN 1 Kajen, MA Salafiyah Simbangkulon, MA Salafiyah Pekalongan, SMAN 1 Wonotunggal, dan SMKN 1 Pekalongan. Sedangkan finalis Lomba Media Pembelajaran Matematika berasal dari 2 tim UNNES, 1 tim IAIN Purwokerto, dan 1 tim IAIN Pekalongan.

Kegiatan yang rencananya akan digelar setiap tahunnya ini, diperoleh juara Olimpiade Matematika Tingkat SMA/ Sederajat Se-Jawa Tengah dan DIY, dengan rincian juara 1 dari SMKN 1 Sragi, juara 2 dari SMAN1 Kajen, dan juara 3 dari MA Salafiyah Simbangkulon. Sedangkan juara pada Lomba Media Pembelajaran Matematika Tingkat Perguruan Tinggi Se-Jawa Tengah dan DIY, antara lain juara 1 dari tim IAIN Pekalongan, juara 2 dari tim UNNES, dan juara 3 dari tim IAIN Purwokerto. Piala, sertifikat, dan uang pembinaan untuk para juara lomba, diserahkan langsung oleh para juri kedua lomba, ketua steering committee, ketua organizing committee, dan ketua umum HMJ Tadris Matematika sekaligus sebagai penanggung jawab dari kegiatan ini._(TMAT)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…