Peringati 91 Tahun Sumpah Pemuda, IAIN Gelar Upacara

29 October 2019

Senin, 28 Oktober 2019, bertempat di Kampus II, IAIN Pekalongan menyelenggarakan upacara dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-91. Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda dimulai pukul 07.00 WIB dilaksanakan secara khidmat yang diawali dengan mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila, pembukaan UUD 1945, ikrar Sumpah Pemuda dan serangkaian acara sebagaimana mestinya. Upacara kali ini diikuti oleh civitas akademika dari unsur pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa.

Upacara dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tahun ini mengusung tema “Bersatu Kita Maju”. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag.

Dalam kesempatan ini, beliau membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini bak pisau bermata dua. Di satu sisi memungkinkan pemuda untuk mudah mengakses informasi dalam rangka pengembangan kompetensi dan daya saing. Sementara di sisi lain, informasi yang bersifat destruktif seperti pornografi, narkoba, radikalisme, dan terorisme dengan mudahnya masuk jika tidak dibendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional, sambungnya.

Dalam amanahnya, beliau melanjutkan dengan diusungnya tema “Bersatu Kita Maju” diperuntukkan bagi seluruh elemen bangsa, terutama pemuda. Karena di tangan pemuda lah Indonesia dapat menjadi lebih maju. Pemuda yang dibutuhkan dalam mewujudkan Indonesia maju adalah pemuda yang berkarakter, kreatif, mampu berinovasi, mandiri, serta unggul dan mampu dan mampu bertahan dalam menghadapi persaingan global.

Lebih lanjut, Dr. Ade memaparkan bahwa di era yang serba cepat ini, gerakan revolusi mental menjadi sangat relevan. Dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, kokoh, dan tangguh, sehingga kita tidak hanya mampu bertahan tetapi juga mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi.

Diakhir sambutannya, beliau mengucapkan SELAMAT HARI SUMPAH PEMUDA KE-91. Semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa dan jasa para pahlawan yang telah mendahului kita, pungkasnya. _(Humas_Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…