Implementasikan Kerjasama, IAIN Pekalongan Gelar Seminar Diseminasi dan Pameran Hasil Riset

30 October 2019

Sebagai bentuk implementasi kerjasama yang telah dilaksanakan sebelumnya, IAIN Pekalongan menggelar “Seminar Diseminasi dan Pameran Hasil Riset Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI dengan IAIN Pekalongan”. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin, 28 Oktober 2019 di kampus II usai upacara memperingati hari Sumpah Pemuda.

Kapuslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan didampingi jajaran pimpinan IAIN Pekalongan membuka stand pameran ditandai dengan pemotongan pita

Pameran produk-produk hasil riset dibuka secara resmi oleh Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI, Dr. H. Muharram Marzuki, Ph.D. didampingi Rektor IAIN Pekalongan. Dalam pameran ini, selain ditampilkan hasil riset dari Balitbang dan Diklat Kemenag, juga ditampilkan hasil riset dan karya dari civitas akademika IAIN Pekalongan yang disajikan dalam stand masing-masing Fakultas, Pascasarjana, Lembaga, dan Bagian yang ada di IAIN Pekalongan.

Kapuslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan didampingi jajaran pimpinan IAIN Pekalongan meninjau lokasi pameran

Acara yang dibuka untuk umum ini dilaksanakan mulai pukul 08.00 s.d. 13.00 WIB bertempat di halaman Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI). Dalam pameran ini juga menyajikan doorprize dan pembagian buku secara gratis kepada peserta yang hadir.

MoU IAIN Pekalongan dengan Pemerintah Kab. Pekalongan

Di tempat terpisah, juga diselenggarakan seminar diseminasi hasil penelitian dengan tema "Indeks Keshalehan Sosial". Kegiatan ini bertempat di lobi gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) dimulai pukul 09.00 s.d 13.00 WIB. Rangkaian acara seminar ini didahului dengan penandatanganan MoU antara IAIN Pekalongan dengan Pemerintah Kabupaten Pekalongan dan Pemerintah Kabupaten Pekalongan dengan Badan Litbang dan Diklat Kemenag RI.

Narasumber seminar diseminasi memaparkan materi hasil riset

Pemateri seminar diseminasi adalah Bapak Raudlotul Ulum (Peneliti Senior Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan), dan Dr. H. Muhlisin, M.Ag. (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Pekalongan) dengan keynote speaker Dr. H. Muharram Marzuki, M.A., Ph.D. (Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan) dan Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag (Rektor IAIN Pekalongan).

Dalam paparannya, berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa indeks keshalehan sosial secara nasional pada 2019 mencapai skor 83,58. Lebih lanjut, dipaparkan juga dimensi-dimensi yang ada dan terkait dengan keshalehan sosial, diantaranya adalah kepedulian sosial, relasi antar manusia, etika dan budi pekerti, melestarikan lingkungan, dan kepatuhan pada aturan negara. Peserta yang hadir antusias dalam kegiatan ini. Kegiatan seminar ditutup dengan diskusi dan tanya jawab antara narasumber dan peserta._(Humas_Bagian Umum)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…