Implementasikan Sabbatical Leave, IAIN Pekalongan Gelar Workshop Academic Writing

06 November 2019

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan mengadakan workshop academic writing penulisan dan publikasi ilmiah pada jurnal terindeks database internasional bereputasi bagi dosen di lingkungan IAIN Pekalongan. Acara yang dilaksanakan pada hari Senin, 4 November 2019 di Ruang Sidang lantai 3 gedung Rektorat IAIN Pekalongan ini menghadirkan narasumber dari Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang Prof. Dr. H. Syamsul Ma’arif, M.Ag.

Acara workshop academic writing ini sebagai bagian dari rangkaian acara sabbatical leave dari Kementerian Agama Republik Indonesia di IAIN Pekalongan. Acara workshop ini dimoderatori oleh Dahrul Muhtadin, M.H.I. yang diikuti oleh pimpinan IAIN Pekalongan dan para dosen dengan jabatan fungsional Lektor dan Lektor Kepala di lingkungan IAIN Pekalongan.

Dalam penjelasannya, Prof. Syamsul mengatakan bahwa kapanpun saat kita pergi ada inspirasi yang bisa ditulis dan tulisan yang baik berasal dari niatan yang baik. Review harus objektif dan genuine, berasal dari kegelisahan akademik, bukan berasal dari konflik batin dirinya sendiri dan penulisan karya ilmiah mempunyai batasan yang lebih ketat dari pada menulis kolom surat kabar, hal inilah yang membedakan penulisan akademik dengan yang lainnya. Prof. Syamsul juga menjelaskan bahwa penelitian harus dibangun atas dasar argumentasi dan argumentasi ini menjadi sebuah starting point dalam kepenulisan. Selain itu, menulis karya ilmiah harus logis dan rasional. Lebih lanjut Prof. Syamsul meberikan contoh penelitian mengenai kepesantrenan, menurut beliau dahulu pesantren terdiri dari Santri dan Kiai. Namun sekarang, ada pesantren tanpa kiyai dan inilah yang menjadi topik isu. Selanjutnya penelitian haruslah small and smart, kecil, namun sangat berdampak dan judul penelitian harus clear, jelas dan tidak menimbulkan multitafsir, serta tidak menggunakan singkatan-singkatan._(Humas Bagian Umum)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…