IAIN Pekalongan Gelar Workshop Tracer Study

07 November 2019

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan pada hari selasa, 5 November 2019 mengadakan workshop tracer study dalam rangka membangun sistem penjaringan alumni IAIN Pekalongan. Workshop yang dilaksanakan oleh bagian akademik, kemahasiswaan dan alumni ini diikuti oleh pimpinan IAIN Pekalongan dari wakil rektor, para dekan, wakil dekan tiga, para kepala bagian, para kasubbag dilingkungan IAIN Pekalongan, staf di lingkungan IAIN Pekalongan dan juga para undangan dari alumni IAIN Pekalongan.

Acara yang dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Dr. Ahmad Salehudin, M.A. dan Siti Rohaya, M.T. dari Center for Entrepreneurship and Career Development (CENDI) UIN Sunan Kalijaga, dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Drs. Moh. Muslih, M.Pd., Ph.D.

Dalam sambutan pembuka, Wakil Rektor III menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini diadakan untuk memberikan inspirasi dalam rangka memetakan tantangan dan permasalahan yang dihadapi dalam tracer study yang nantinya diharapkan dapat memberikan sumbangsih dalam akreditasi institut maupun program studi menggunakan sembilan standar. Maka dalam hal ini beliau berpesan agar kegiatan workshop ini diniatkan sebagai belajar, dan berharap agar para narasumber memberikan dan menyampaikan segala pengalaman dan pengetahuannya ketika mengelola CENDI UIN Sunan Kalijaga.

Dr. Ahmad Salehudin, M.A. sebagai narasumber pertama mengatakan bahwa kemajuan teknologi informasi di era revolusi industri 4.0 menyebabkan beberapa fungsi dosen dan perguruan tinggi berubah, dan ini menjadi tantangan bagi lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Perguruan tinggi selain memperhatikan in-put mahasiswa juga harus memperhatikan out-putnya. Sehingga perguruan tinggi seyogyanya sudah membentuk unit khusus untuk mendata dan meberikan pendampingan pada alumninya, sebagai contoh di UIN Sunan Kalijaga dibentuk CENDI sebagai lembaga atau unit yang mengidentifikasi alumni yang harus di tracer. Selain itu, Salehudin juga menjelaskan tentang tracer study baik dari penjelasan tentang tracer study hingga siapa dan apa kegiatan dari lembaga ini.

Narasumber selanjutnya, Siti Rohaya, M.T lebih banyak menjelaskan tentang teknis pengelolaan data berbasis sistem (software) yang telah dikembangkan oleh CENDI UIN Sunan Kalijaga. Menurutnya, software ini bisa diunduh oleh IAIN Pekalongan dan menggunakannnya secara gratis. Selain itu Rohaya juga memberikan pendampingan dan tutorial secara langsung kepada para peserta workshop untuk menggunakan sistem yang telah dibangun dan dikembangan serta dengan terbuka menerima saran dan evaluasi dari sistem ini demi pengembangan. _(AKMA)

  

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…