Tumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa, IAIN Pekalongan Adakan Pelatihan Kewirausahaan

12 November 2019

Ahad, 10 November 2019 IAIN Pekalongan menggelar pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa Bidikmisi. Pelatihan yang dilaksanakan oleh bagian Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama ini menghadirkan komisaris independen PT. Telkom Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo. Acara yang dibuka oleh wakil rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama Drs. Moh. Muslih, M.Pd., Ph.D ini dikhususkan bagi para mahasiswa penerima Bidikmisi IAIN Pekalongan dari tahun 2016-2019 dan dihadiri oleh kurang lebih 400 mahasiswa penerima Bidikmisi.

Drs. Moh. Muslih, M.Pd., Ph.D dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan kewirausahaan ini adalah untuk membekali para mahasiswa dalam bidang entrepreneurship yang didukung dengan skill dan keahlian untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan  kreatif dan inovatif sehingga survive dalam menghadapi berbagai permasalahan dimasa mendatang.

Prof. Marsudi dalam pembukaan pelatihan menekankan agar para peserta mempunyai jiwa sebagai pemenang, karena hal tersebut adalah kunci sukses kewirausahaan. Dan untuk menjadi pemenang itu dibutuhkan latihan, seorang pengusaha merasa sakit, kecewa dan gagal adalah hal yang wajar yang penting tidak patah semangat.

Selanjutnya beliau menjelaskan karakter orang-orang yang menjadi juara atau pemenang, yang sukses dalam hidupnya, adapun karakter tersebut adalah (1) mempunyai semangat untuk menjadi pemenang, (2) mempuyai daya kreatif dan inovasi, (3) ramah, tidak mudah putus asa marah dan cemberut, (4) rejeki akan raham pada orang yang ramah dan rezeki akan ngambek dan marah pada orang yang ngambek dan marah, (4) mempunyai empati, dimana seseorang sebelum empati pada orang lain, empatilah pada diri sendiri dan kasihanilah diri sendiri sebelum mengasihani orang lain, dan (5) terampil yaitu dengan ilmu dan ketrampilan dalam menghadapi dunia usaha, yang selanjutnya beliau menerangkan bahwa tiada kemenangan tanpa pengorbanan. Acara yang diselingi dengan ice breaking ini ditutup dengan penyerahan cindera mata oleh Drs. Muslih, M.Pd., Ph.D kepada Prof. Marsudi. (AKMA)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…