IAIN Pekalongan Umumkan Hasil SKD Rekrutmen Dosen Tetap Bukan PNS

11 November 2019

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan kembali memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia untuk menjadi Dosen Tetap Bukan PNS dengan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan sebagaimana Pengumuman Nomor: 3524/In.30/B.I.1/Kp.00.2/10/2019 tanggal 17 Oktober 2019 tentang Pengumuman dan Alokasi Formasi Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Bukan PNS Institut Agama Islam Negeri Pekalongan Tahun Anggaran 2019.

Pada Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Bukan PNS 2019 ini, IAIN Pekalongan mengalokasikan 13 formasi yang terdiri dari Dosen Bahasa Inggris, Ilmu Falak, Ilmu Hukum, Bahasa Arab, Telaah Materi Pendidikan Agama Islam, Matematika, Ilmu al-Qur’an dan Tafsir, Ilmu Tasawuf, Psikologi, Ekonomi Pembangunan, Manajemen Pemasaran, Pendidikan Pancasila, dan Studi Islam Integratif. Pelamar yang berminat mengisi formasi tersebut telah mengirimkan berkas pendaftaran pada 21 Oktober s.d. 01 November 2019 pada jam kerja. 

Kepala Bagian Umum IAIN Pekalongan, Saiful Anam, S.Ag., M.A., menjelaskan bahwa pelamar yang mendaftar secara online melalui laman http://seleksi.iainpekalongan.ac.id/ sebanyak 451 pelamar, namun yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 220 pelamar dan yang tidak lulus seleksi administrasi sebanyak 231 pelamar. Dari 220 pelamar  yang lulus seleksi administrasi tersebut, pelamar yang hadir mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sebanyak 182 pelamar dan yang tidak mengikuti SKD sejumlah 38 pelamar. Sementara itu, sejumlah 231 pelamar yang dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi karena 124 pelamar tidak mengirimkan berkas, dan 107 pelamar tidak memenuhi syarat administratif, terangnya.

Wakil Rektor I sedang meninjau pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar 

Sementara itu, Dr. H. Muhlisin, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan selaku Ketua Panitia, mengimbau seluruh peserta Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Bukan PNS IAIN Pekalongan agar segera menyiapkan segala sesuatu yang diperlukan selama mengikuti tahapan yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi. Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Bukan PNS ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar IAIN Pekalongan untuk melaksanakan rekrutmen dosen yang berkualitas. Yang dipertimbangkan bukan hanya kompeten dalam bidang keilmuannya, tetapi juga wawasan kebangsaan, keislaman, dan kepribadian yang baik. Penetapan Keputusan Panitia Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Bukan PNS IAIN Pekalongan bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat, tutur Dr. H. Muhlisin, M.Ag. 

Pada hari Kamis, 7 November 2019, sebanyak 182 peserta telah mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Based Test yang diselenggarakan di Laboratorium Komputer Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, kampus II IAIN Pekalongan. Materi SKD ini meliputi Tes Intelegensi Umum, Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Karakteristik Kepribadian, Tes Wawasan Keislaman, serta Tes Wawasan Bahasa Arab dan Inggris. Kelulusan SKD dengan menggunakan sistem pemeringkatan (skor tertinggi, bukan passing grade) dan masing-masing formasi yang lulus SKD maksimal 3 kali jumlah formasi yang dibutuhkan. Peserta yang dinyatakan lulus SKD (kode L) berhak untuk mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 13 November 2019, dimulai Pukul 07.30 s.d selesai, bertempat di Gedung Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Lantai 2, Kampus II IAIN Pekalongan, Jl. Pahlawan KM. 5 Rowolaku Kajen Kab. Pekalongan.

Materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdiri dari: pertama, praktik kerja dengan indikator kompetensi “memiliki kemampuan profesional yang tinggi sebagai dosen PTKIN”, skor total 250 poin dan bobot 50%; kedua, Wawancara kebangsaan dan keagamaan dengan indikator kompetensi “memiliki komitmen kebangsaan yang kuat, ketaatan beragama yang baik, sikap keagamaan inklusif, dan berkepribadian”, skor 150 poin dan bobot 30%; dan ketiga, Wawancara karya ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat dengan indikator kompetensi “memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan dan karya/pengabdian kepada masyarakat, skor 100 poin dan bobot 20%. Adapun pengumuman Kelulusan SKD dan pelaksanaan SKB rekrutmen Dosen Tetap Bukan PNS pada IAIN Pekalongan dapat diakses melalui laman di bawah ini._(Humas Bagian Umum)

Pengumuman kelulusan SKD dan Pelaksanaan SKB rekrutmen Dosen Tetap Bukan PNS silahkan  KLIK

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…