HMJ PBA IAIN Pekalongan Sukses Gelar Parbara Tahun 2019

23 November 2019

Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Pekalongan sukses menyelenggarakan event bertajuk “Parade Bahasa Arab (Parbara) Tahun 2019”. Parade Bahasa Arab atau Parbara merupakan salah satu program kerja pengurus HMJ PBA yang mana di dalam kegiatan tersebut terdapat serangkaian acara karnaval bahasa arab, Lomba Bahasa Arab Se-Jawa Tengah & DIY, Pagelaran Seni dan Bahasa serta Seminar Nasional.

Acara resmi dibuka pada jumat 15/11/19, Parbara 2019 dimulai dengan karnaval bahasa arab Mahasiswa PBA dilanjutkan upacara pembukaan dan seremoni pelepasan balon.

Pada sabtu (16/11/19), Rangkaian acara Parbara dilanjut dengan Lomba Bahasa Arab yang diikuti oleh berbagai instansi baik sekolah, pondok pesantren maupun perguruan tinggi Se-Jawa Tengah & DIY.

Menurut ketua umum HMJ PBA, M. Khakim Maulana, Lomba Bahasa Arab tahun ini mengalami peningkatan jumlah peserta yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya antusias peserta lomba dari 12 Perguruan Tinggi, berbagai instansi SMA/sederajat dan pondok pesantren yang tersebar di wilayah Jawa Tengah—Jogja. Perguruan tinggi yang turut berpartisipasi di antaranya IAIN Pekalongan selaku tuan rumah, UIN Walisongo, IAIN Purwokerto, IAIN Salatiga, IAIN Kudus, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, universitas Ahmad Dahlan Jogja, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan sebagainya.

Rangkaian Parbara 2019 dilanjut kegiatan Pagelaran seni dan Bahasa sekaligus pengumuman para pemenang lomba Parbara. Juara umum kategori siswa diraih oleh Madrasah Salafiyah Proto Kedungwuni yang berhasil meraih juara satu lomba pidato bahasa Arab dan juara 1 lomba Taqdimul Qishoh. Juara umum kategori mahasiswa diraih oleh Institut Pesantren Mathali’ul Falah (Ipmafa) Pati yang berhasil meraih juara lomba pidato bahasa Arab mahasiswa, lomba debat bahasa Arab dan lomba film pendek.

Rangkaian Parbara 2019 ditutup dengan kegiatan seminar nasional bersama narasumber Dr. Muhbib Abdul Wahab, M.A dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Seminar terselenggara pada 18 November 2019 di Auditorium kampus 1 IAIN Pekalongan dengan tema “Inovasi Model Pembelajaran Bahasa Arab untuk Generasi Lughowi di Era Digital”.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini kami bisa membawa nama baik IAIN Pekalongan, khususnya jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Melalui kegiatan ini pula kami belajar menjadi penyelenggara kegiatan yang profesional dan berintegritas.” tutur ketua umum HMJ PBA._(PBA)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…