Rembuk Peran Ekonomi Islam dalam Membangun Ekonomi Desa, IAIN Pekalongan dan IAEI Gelar Seminar Nasional

28 November 2019

Rabu, 27 November 2019, bertempat di Hotel Pesonna Pekalongan IAIN Pekalongan bersama Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) sukses gelar Seminar Nasional Ekonomi Islam. Menghadirkan pakar-pakar di bidang ekonomi syariah, seminar mengambil tajuk “Peran Ekonomi Islam dalam Membangun Ekonomi Desa”.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Pekalongan, Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan terimakasih kepada IAEI atas kepercayaan yang diberikan kepada IAIN Pekalongan untuk menyelenggarakan roadshow seminar nasional ini. Rektor yang kerap disapa Pak Ade ini berharap kegiatan seminar ini agar dapat menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan bersama antara IAIN Pekalongan dengan IAEI.

Acara yang didahului dengan penandatangan MoU antara IAIN Pekalongan dan FEBI IAIN Pekalongan dengan IAEI ini dihadiri oleh mahasiswa, dosen, praktisi ekonomi syariah, pengurus IAEI Pekalongan, DPW IAEI Jawa Tengah, dan DPP IAEI. Hadir pula dalam seminar nasional ini adalah pimpinan Bank syariah di sekitar Kota dan Kabupaten Pekalongan.

Selain Rektor IAIN Pekalongan, menjadi keynote speaker pada Seminar Nasional ini adalah  Dr. Adriyanto, M.M., M.A., Direktur Pembiayaan dan Transfer Non Dana Perimbangan DJPK Kementerian Keuangan RI. Dr. Adriyanto yang memaparkan makalah berjudul “Peran Ekonomi Islam dalam Membangun Ekonomi Desa” menyampaikan bahwa Ekonomi Islam dapat mendukung pertumbuhan ekonomi desa, tetapi perlu dukungan tidak hanya pemerintah tapi juga dukungan, modifikasi, dan inovasi dari ahli dan peneliti perguruan tinggi, termasuk juga dari mahasiswa.

Acara yang dihadiri sekitar 350 orang peserta ini dilanjutkan dengan diskusi panel. Sebagai pemateri panel diantaranya adalah Dr. Ir. Conrad Hendrarto, Staf Ahli Bid. Pengembangan Wilayah Kemendes PDTT/Pengurus DPP IAEI; Dr. Teuku Fajar Shadiq/Pengurus DPP IAEI; Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag., Rektor IAIN Pekalongan; dan Aenurofik, M.A., Ketua IAEI Komisariat IAIN Pekalongan. Diskusi panel yang dimoderatori oleh Rinda Asytuti, M.Si. ini berlangsung dengan hangat. Peserta tampak antusias dalam mengikuti paparan pemateri dan mengajukan pertanyaan pada sesi tanya jawab. Kegiatan seminar nasional ini diakhiri dengan foto bersama antara pemateri dan peserta kegiatan._(Humas Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…