Print this page

Rektor IAIN Pekalongan Hadiri Launching SPAN dan UM-PTKIN 2020

20 December 2019

Jum’at, 20 Desember 2019 Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. didampingi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Pekalongan Dr. H. Muhlisin, M.Ag. menghadiri acara launching dan sosialisasi Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2020.

Acara ini berlangsung pukul 13.00-16.30 WIB di Auditorium H. M. Rasyidi Kementerian Agama Republik Indonesia Jalan M. H. Thamrin No. 6 Jakarta yang dihadiri oleh seluruh Rektor dan Wakil Rektor I dari 58 PTKIN se-Indonesia. Peluncuran SPAN, UM PTKIN tahun 2020 ini, dibuka dan diresmikan secara langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn.) H. Fachrul Razi.

SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Biaya pelaksanaan SPAN-PTKIN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya pendaftaran. Adapun jadwal pengisian dan verifikasi PDSS tanggal 6-31 Januari 2020, pendaftaran SPAN-PTKIN tanggal 3-28 Februari 2020, proses seleksi tahap I tanggal 2-13 Maret 2020, tahap II tanggal 16-20 Maret 2020 dan pengumuman hasil seleksi SPAN-PTKIN tanggal 10 April 2020.

 

Rektor IAIN Pekalongan menghadiri launching SPAN-UM PTKIN 2020

Ketentuan umum dalam SPAN-PTKIN berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Madrasah/Sekolah/Pesantren. Sedangkan Madrasah/Sekolah/Pesantren Muadalah yang berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah Madrasah/Sekolah yang terakreditasi dan Pesantren Muadalah yang secara sah memperoleh izin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah. Sedangkan untuk ketentuan khusus, persyaratan, tahapan dan tata cara pendaftaran SPAN-PTKIN tahun 2020 peserta dapat mengakses melalui laman http://www.span-ptkin.ac.id.

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Pembiayaan penyelenggaraan UM-PTKIN dibebankan kepada peserta seleksi dan Kementerian Agama Republik Indonesia. Bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Adapun jadwal pendaftaran dan pembayaran UM-PTKIN tanggal 15 April s.d. 29 Mei 2020, pelaksanaan ujian tanggal 15 s.d. 24 Juni 2020 dan pengumuman kelulusan tanggal 3 Juli 2020. Pelaksanaan ujian UM-PTKIN tahun 2020 diagendakan sebanyak tiga sesi dengan mata uji TKD, Bahasa, ke-Islaman, IPA dan IPS. Sedangkan untuk informasi UM-PTKIN 2020 meliputi ketentuan dan persyaratan umum, tatacara pembayaran biaya seleksi, tata cara pendaftaran, jadwal pelaksanaan, serta jumlah pilihan PTKIN dan Program Studi dapat diakses melalui laman http://www.um-ptkin.ac.id._(Humas Bagian Umum)

 

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…