IAIN Pekalongan Gelar Pelantikan Pejabat & Pembinaan Pegawai di HAB ke-74 Kemenag 2020

04 January 2020

Jum’at, 3 Januari 2020 bertepatan dengan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama Republik Indonesia, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menggelar acara pelantikan pejabat unsur akademik dan pembinaan pegawai yang bertempat di Auditorium Kampus I IAIN Pekalongan.

Acara tersebut dilakukan tepat setelah upacara bendera dalam rangka memperingati HAB ke-74 Kemenag RI Tahun 2020 yang diselenggarakan di Halaman Kampus I IAIN Pekalongan.

Kegiatan ini diawali dengan pelantikan pejabat unsur akademik oleh Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. Sejumlah pejabat yang dilantik dan diambil sumpah adalah Akhmad Afroni, M.Pd. dan Hafizah Ghany Hayudinna, M.Pd. berturut-turut sebagai Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Moh. Nurul Huda, M.Pd.I. sebagai Sekretaris Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FTIK, Muhammad Aris Syafi’i, M.E.I. sebagai Sekretaris dan juga Plt. Ketua Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Drajat Setiawan, M.Si. sebagai Sekretaris Jurusan Perbankan Syariah FEBI, Wirayudha Pramana Bhakti, M.Pd. sebagai Sekretaris Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Uswatun Khasanah, M.S.I. sebagai Ketua Jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Syariah, dan Heriyanto, M.S.I. sebagai Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).

Acara dilanjutkan dengan pembinaan pegawai di mana Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Pekalongan, Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si. bertindak sebagai moderator. Diawali dengan sambutan Rektor IAIN Pekalongan, beliau mengimbau kepada seluruh dosen dan pegawai agar bersama-sama memajukan Kemenag RI pada umumnya dan IAIN Pekalongan pada khususnya sesuai dengan kompetensi masing-masing, merasa bangga menjadi bagian keluarga di dalamnya, dan mengingat sejarah perjuangan para pendiri Kementerian Agama dengan lantunan doa. “Himbauan ini relevan dengan amanat Menteri Agama RI dalam rangka memperingati HAB ke-74 Kemenag RI Tahun 2020 yang mempromosikan tema Umat Rukun, Indonesia Maju,” tutur Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag.

Selain itu, Rektor juga memberikan arahan kepada seluruh dosen dan pegawai untuk menyukseskan pembangunan Masjid Agung IAIN Pekalongan di Kampus II Jl. Pahlawan KM. 5 Rowolaku Kajen. Pembangunan masjid ini memerlukan estimasi anggaran sebesar Rp 25 Miliar yang rencananya mulai dibangun pada akhir Januari 2020. Oleh karena itu, seluruh keluarga besar IAIN Pekalongan diajak untuk berinfaq dan bersedekah terkait pembangunan masjid agung tersebut, pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., menyampaikan bahwa kedisiplinan para dosen dan pegawai harus ditingkatkan, baik disiplin dalam bekerja maupun disiplin dalam memenuhi undangan rapat. Seluruh dosen dan pegawai harus disiplin sesuai dengan tupoksi masing-masing dan regulasi yang sudah ditetapkan. Terlebih lagi, IAIN Pekalongan sudah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018,” tegas Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan juga menjelaskan bahwa semua pegawai kontrak IAIN Pekalongan dipastikan akan memperoleh take home pay sesuai dengan Upah Minimum Provinsi Jawa Tengah, sedangkan tunjangan kinerja dosen dijadwalkan akan dibayarkan mulai awal Februari 2020. Selanjutnya, beliau menandaskan bahwa pemindahan ruang kerja LP2M, Unit Pengembangan Bahasa, Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data, Perpustakaan I, Ma’had al-Jami’ah, Sekretariat Senat, serta Ruang Rektorat tentatif ke Gedung Pendidikan Terpadu di Kampus II akan dilaksanakan pada 20 Januari 2020, terangnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan, Dr. H. Muhlisin, M.Ag., mengucapkan selamat kepada seluruh tim akreditasi jurusan dan tim pengelola jurnal di IAIN Pekalongan yang telah berjihad akademik dengan segala perolehan prestasi pada tahun 2019. Ucapan selamat juga diberikan kepada para dosen IAIN Pekalongan yang berhasil memperoleh Beasiswa 5000 Doktor dari Kementerian Agama RI dan Beasiswa Layanan Beasiswa dan Pendanaan Riset (LPDP) dari Kementerian Keuangan RI, sekaligus dosen yang lulus ujian sertifikasi pada tahun yang sama.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan juga mengajak para dosen perwalian akademik (DPA) untuk mengingatkan mahasiswa bimbingannya agar tidak terlambat dalam pembayaran HER Registrasi Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. “Seluruh DPA diharapkan mendampingi secara optimal agar mahasiswa perwaliannya lulus studi dengan tepat waktu,” imbau Dr. H. Muhlisin, M.Ag. Tambahan pula, beliau juga menegaskan bahwa perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020 dimulai pada 10 Februari 2020.

Selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Drs. Moh. Muslih, M.Pd., Ph.D., menuturkan bahwa IAIN Pekalongan mendapat alokasi Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (dahulu Beasiswa Bidikmisi) bagi 250 mahasiswa pada tahun akademik mendatang. Beberapa syarat yang harus dipenuhi mahasiswa pelamar beasiswa ini meliputi surat keterangan tidak mampu dari pemerintah desa setempat, prestasi akademik di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat, dan jurusan/program studi yang ditempuh terakreditasi minimal B, jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama juga mengharapkan Ma’had al-Jami’ah agar senantiasa dimajukan oleh segenap pengelolanya. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada para seluruh pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) atas kontribusi positif yang telah diberikan selama periode yang diemban. “Refreshment untuk pembina UKM akan dilaksanakan di tahun ini,” jelasnya. Tidak lupa, beliau juga menyebutkan bahwa seluruh dosen dan pegawai IAIN Pekalongan mempunyai tanggung jawab untuk menguatkan karakter mahasiswa. Dengan demikian, mahasiswa perlu didorong untuk memiliki prestasi excellent baik di bidang akademik maupun di bidang non akademik.

Rangkaian acara ini diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Mudir Ma’had al-Jami’ah, Miftahul Huda, M.Ag. Sebelum menutup acara, Kepala Biro AUAK mengingatkan para pengelola fakultas, lembaga, dan UPT untuk mencermati Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL) Tahun 2020. Setelah penutupan acara dilanjutkan pembagian buku tabungan rekening dan ATM BNI Syari’ah kepada para pegawai dan dosen guna penggajian yang akan mulai bulan Februari 2020 karena ada pergantian bank pembayaran gaji_(Humas Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…