IAIN Pekalongan Gelar Rapat Kerja Tahun Anggaran 2020

22 January 2020

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menggelar rapat kerja (raker) untuk mengawali kegiatan tahun anggaran 2020 selama 3 (tiga) hari, Senin s.d Rabu, 20 s.d 22 Januari 2020. Raker ini bertempat di Hotel Sahid Mandarin Pekalongan dan diikuti oleh seluruh pimpinan, baik jajaran pejabat akademik maupun struktural di lingkungan IAIN Pekalongan. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan tilawah ayat-ayat suci al-Qur’an, sambutan-sambutan dan do’a sebagai pamungkas opening ceremony. 

Sambutan pertama sekaligus sebagai laporan ketua panitia disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal untuk memulai lembaran baru melakukan kegiatan-kegiatan di tahun 2020 yang alokasi anggarannya sudah direncanakan pada akhir tahun 2019. Dalam forum ini akan dilakukan harmonisasi dan sinkronisasi pelaksanaan kegiatan di masing-masing unit kerja agar implementasinya tidak saling bertabrakan atau menumpuk pada bulan tertentu, sementara bulan yang lain minim kegiatan. Hal ini dilakukan agar ada balance budgeting rencana penarikan dana (RPD) di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Pada raker ini juga akan dilakukan review kinerja anggaran dan review ketercapaian rencana strategis (renstra) tahun 2019, pungkasnya. 

Sambutan kedua sekaligus pembukaan acara secara resmi dilakukan oleh Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. Mengawali sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tahun 2019 tidak memenuhi target, sehingga terdapat beberapa kegiatan yang alokasi anggarannya bersumber dari PNBP belum terbayarkan, meskipun kegiatannya sudah selesai. Ini artinya IAIN Pekalongan masih punya hutang dan insya Allah akan diselesaikan melalui alokasi anggaran tahun 2020. Oleh karena itu, anggaran tahun 2020 ini perlu efisiensi guna menutup hutang tersebut dan juga perkiraan defisit PNBP tahun 2020 yang kemungkinan juga tidak memenuhi target dari pagu anggaran DIPA 2020 yang telah ditetapkan Kementerian Keuangan, terangnya. 

Lebih lanjut Dr. Ade, panggilan Rektor IAIN Pekalongan, menyampaikan bahwa raker ini merupakan ajang menyampaikan pendapat dan gagasan guna kemajuan IAIN Pekalongan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan masukan dari semua jajaran pimpinan IAIN Pekalongan guna memperbaiki sistem dan kinerja anggaran di tahun-tahun mendatang, ungkapnya. Dr. Ade juga menghimbau agar pimpinan harus tegas dalam mengambil keputusan, demokratis dalam memimpin tetapi juga tidak alergi terhadap otoritas (diskresi) pimpinan. Beliau mencontohkan sikap demokratis dari teladan Nabi Muhammad SAW ketika meminta pendapat para sahabat ketika mengatur strategi perang badar. Di sisi lain juga harus mencontoh sikap diskresi Nabi ketika mengambil keputusan melakukan perjanjian hudaibiyah, meski para sahabat sebetulmya tidak setuju melakukan perjanjian dengan orang-orang yahudi kala itu, tuturnya. 

Setelah pembukaan acara dilanjutkan agenda implementasi efisiensi anggaran tahun 2020 yang dipimpin oleh Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag selaku Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan. Beliau menegaskan kembali sambutan Rektor IAIN Pekalongan, bahwa alokasi anggaran tahun 2020 yang bersumber dari PNBP akan diefisiensi sebesar ± 15%. Efisiensi anggaran ini telah ditetapkan melalui Keputusan Rektor IAIN Pekalongan Nomor 58 Tahun 2020 tentang Perubahan Alokasi Pagu Anggaran yang Bersumber dari PNBP di Lingkungan IAIN Pekalongan Tahun Anggaran 2020. Adapun detail efisiensi anggaran sepenuhnya diserahkan pimpinan masing-masing unit kerja di lingkungan IAIN Pekalongan. Dr. Zaenal berharap pimpinan unit kerja benar-benar selektif dalam melakukan efisiensi anggaran, agar tusi kelembagaan dan pelayanan akademik tetap berjalan secara optimal, tegasnya. 

Pada hari kedua, dilanjutkan dengan agenda evaluasi dan implementasi kegiatan akademik dan kelembagaan tahun anggaran 2020. Kegiatan sesi pertama ini dipimpin oleh Dr. H. Muhlisin, M.Ag selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan dengan meminta para pimpinan unit kerja untuk memaparkan schedule dan deskripsi pelaksanaan kegiatan tahun 2020. Sesi kedua dilanjutkan dengan evaluasi dan implementasi kegiatan kemahasiswaan dan kerjasama tahun 2020 yang paparkan oleh Moh. Muslih, Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama. Dalam paparannya, Beliau menyajikan perkembangan kegiatan kemahasiswaan yang patut dibanggakan dengan torehan piala dalam beberapa event di tahun 2019. Selanjutnya di tahun 2020, Beliau meminta dukungan semua pihak untuk senantiasa memotivasi dan mendorong mahasiswa untuk berkarya guna bersama-sama memajukan IAIN Pekalongan. Peningkatan kerjasama dan tindak lanjut kerjasama yang telah dilakukan baik dalam dan luar negeri senantiasa dilestarikan dan dilakukan langkah-langkah konkrit implementasi MoU. Sesi ketiga, review ketercapaian renstra tahun 2019 oleh Amat Zuhri, M.Ag. selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) dengan memaparkan form evaluasi renstra yang telah diisi oleh pimpinan unit kerja di lingkungan IAIN Pekalongan. 

Pada hari ketiga, kegiatan raker dilanjutkan dengan review kinerja anggaran tahun 2019 yang disampaikan oleh Wahyu Harmono selaku Kepala KPPN Pekalongan. KPPN Pekalongan merupakan satuan kerja (satker) mitra IAIN Pekalongan dalam hal pencairan anggaran. Satker mitra tentu mengetahui gaya dan seluk beluk kegiatan yang berbasis anggaran yang telah dilakukan IAIN Pekalongan, sehingga diminta untuk melakukan review terkait dengan kepatuhan terhadap regulasi dan kepatutan penggunaan anggaran. Di penghujung kegiatan, pimpinan unit kerja menyerahkan hasil implementasi efisiensi anggaran tahun 2020 kepada panitia. Selanjutnya kesimpulan dan penutupan acara oleh Rektor IAIN Pekalongan dan diakhiri dengan foto bersama. (Humas_Bagian Umum)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…