Print this page

IAIN Pekalongan Adakan Sosialisasi PMB Tahun Akademik 2020/2021

23 January 2020

Rabu, 22 Januari 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan mengadakan kegiatan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2020/2021.

Kegiatan yang bertempat di Ballroom Hotel Sahid Mandarin Pekalongan ini dihadiri oleh 400 peserta guru Bimbingan Konseling (BK) dan operator sekolah tingkat SLTA sederajat baik negeri maupun swasta se kota Pekalongan, kabupaten Pekalongan dan kabupaten Batang. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WIB dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an.

Acara dilanjutkan dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si selaku Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (Kabiro AUAK) IAIN Pekalongan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan pertama oleh Drs. H. Ma’sum selaku Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kota pekalongan. Dalam sambutannya beliau menghimbau kepada para guru BK untuk ikut berpartisipasi dan mendorong siswa-siswinya melanjutkan studi di IAIN Pekalongan melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) dan Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tahun 2020. Dilanjutkan sambutan kedua oleh Sunarto, M.Pd. selaku Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Wilayah XIII. Beliau menyampaikan komitmen pemerintah Jawa Tengah dalam upaya pemerataan pendidikan dan pembebasan SPP bagi siswa-siswi di bawah naungan pemerintah Jawa Tengah.

Sambutan ketiga sekaligus membuka acara secara resmi oleh Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terimakasih atas kehadiran guru BK dan operator sekolah dalam acara sosialisasi PMB ini. Rektor juga menyampaikan bahwa IAIN Pekalongan tidak hanya mencerdaskan dalam segi kognitif tapi juga segi spiritual dan jiwa nasionalisme sesuai dengan tagline IAIN Pekalongan, yakni spirituality, scientific, entrepreneurship, dan nationality. Lebih lanjut Rektor menegaskan bahwa IAIN Pekalongan siap menerima amanat untuk mendidik putra-putri alumni SLTA Sederajat yang ada di wilayah Pekalongan, Batang dan Pemalang. Beliau juga mengharapkan agar pihak sekolah merekomendasikan dan mendaftarkan siswa-siswinya ke IAIN Pekalongan, pintanya.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada perwakilan sekolah yang memiliki alumni terbanyak masuk di IAIN Pekalongan pada tahun 2019, yaitu untuk Kota Pekalongan (MAN 1 Kota Pekalongan, SMKN 1 Pekalongan), Kabupaten Pekalongan (MAS Salafiyah Simbangkulon, MAN Pekalongan), Kabupaten Batang (SMAN 1 Bandar, SMKN 1 Batang) dan Kabupaten Pemalang (MAN Pemalang, SMAN 1 Comal). Dalam kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada sekolah yang telah melakukan finalisasi PDSS tahun 2020 yaitu untuk Kabupaten Pekalongan (SMAN 1 Kajen, SMA Gondang), Kabupaten Batang (SMA Islam Ahmad Yani, MAS Muhammadiyah Limpung, MA NU 01 Limpung), Kota Pekalongan (SMAN 3 Pekalongan, SMK Syafii Akrom, MA Hifal, MAN IC Pekalongan), Kabupaten Pemalang (SMAN 1 Bantarbolang, SMKS Islam Khoiriyah, MAS Salafiyah Hadirul Ulum Tasikrejo).

Memasuki acara inti yaitu paparan mengenai PMB jalur SPAN dan UM-PTKIN dengan narasumber Dr. H. Muhlisin, M.Ag. selaku Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Pekalongan. Dalam pemaparannya, beliau menyampaikan prestasi IAIN Pekalongan yang telah bersertifikat ISO 21001:2018 dan 9001:2015 serta terakreditasi B dengan nilai 350. Beliau juga menyampaikan 14 alasan penting memilih IAIN Pekalongan, yaitu 1) Investasi ekonomis-minimalis dengan result yang optimalis; 2) biaya kuliah relatif terjangkau; 3) pelayanan prima; 4) Uang Kuliah Tunggal (UKT) sangat murah; 5) lokasi kampus yang stategis; 6) akses transportasi mudah; 7) living cost di sekitar kampus sangat terjangkau; 8) Dosen kompeten di bidangnya, baik lulusan dalam maupun luar negeri; 9) layanan akademik berbasis IT; 10) layanan internet 24 jam dengan bandwith terbesar di Pekalongan; 11) tersedia berbagai macam beasiswa, seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Prestasi akademik, tahfidz Qur’an minimal 3 juz, Bank Indonasia, Baznas, BNI Syariah dan lain-lain; 12) adanya kerjasama peningkatan mutu perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri; 13) kemitraan dengan Pondok pesantren; 14) proses alih status dari IAIN menuju Universitas Islam Negeri (UIN), paparnya.
Lebih lanjut, Dr. Muhlisin menyampaikan bahwa sistem penerimaan mahasiswa baru pada IAIN Pekalongan tahun 2020 ada enam jalur yaitu: SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, jalur mandiri, jalur minat bakat, jalur luar negeri dan jalur luar jawa. Pendaftaran PMB jalur SPAN-PTKIN mulai tanggal 3 s.d 28 Februari 2020, jalur UM-PTKIN mulai tanggal 15 April s.d29 Mei 2020, jalur mandiri, luar negeri dan luar jawa mulai tanggal 1 Juni s.d 10 Juli 2020, serta jalur minat dan bakat mulai tanggal 1 s.d 26 Juni 2020. Adapun brosur mengenai PMB ini dapat dilihat di https://www.iainpekalongan.ac.id/info/704-brosur-pendaftaran-mahasiswa-baru-tahun-akademik-2020-2021.

Untuk materi teknis tutorial pendaftaran PMB SPAN-PTKIN dipandu oleh Ahmad Rosyid, M.Si selaku Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data. Dalam kegiatan ini peserta sosialisasi dipandu dalam registrasi, langkah-langkah pengisian dan finalisasi pendataan PDSS SPAN-PTKIN tahun 2020. Setiap peserta sudah diberikan flasdish yang didalamnya terisi panduan teknis pendaftaran PMB di IAIN Pekalongan. Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab dan do’a bersama._(Humas Bagian Umum)

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…