Print this page

Persiapkan Mahasiswa PPL, FTIK Gelar OPP dan PGP

03 February 2020

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menyelenggarakan kegiatan Orientasi dan Pengenalan Pramuka (OPP) dan Pelatihan Guru Profesional (PGP), baru-baru ini (29/1). Kegiatan OPP dan PGP ini secara umum dilaksanakan sebagai pembekalan bagi mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah.

Bertempat di kampus 2 IAIN Pekalongan kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).

Menurut Dekan FTIK Dr. H. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag. meskipun kegiatan ini bersifat rutin tiap semester, evaluasi berkelanjutan harus tetap dilakukan.

“Walaupun agenda akademik, dalam hal ini OPP dan PGP, bersifat rutinitas, namun tim kerja dan pengelola tetap harus melakukan evaluasi secara mikro dan makro, sehingga perbaikannya berdampak sistemik. Biasanya karena bersifat kegiatan rutinitas sangat jarang dilakukan evaluasi berbasis kegiatan dan kinerja. Bahkan diperlukan juga langka-langkah strategis untuk peningkatan kualitas kinerja dari semua dimensi dan aspek-aspek kegiatan, meliputi narasumber, materi, dan pelayanan-pelayanan yang perlu diberikan untuk mahasiswa-mahasiswa yang akan dibekali untuk jadi calon guru yang profesional dan berkompeten di bidang program studi keilmuannya,” tuturnya.

Selaku Penanggung jawab kegiatan ini, Wakil Dekan 3 FTIK H. Abdul Khobir, M.Ag. menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah kebutuhan demi lancarnya pelaksanaan PPL yang akan dilaksanakan oleh para mahasiswa.

“Kegiatan OPP dan PGP merupakan suatu keniscayaan bagi mahasiswa yang akan melakukan kegiatan PPL. Hal ini didasarkan pada keinginan bahwa mahasiswa yang akan melakukan PPL siap secara fisik maupun non fisik, maka perlu diberikan pembekalan berupa kesiapan karakter, kesiapan mengajar,  dan kesiapan dalam mengevaluasi  pembelajaran. Selain itu, karena kegiatan pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah,  maka mahasiswa perlu dibekali juga tentang kepramukaan. Kegiatan OPP dan PGP perlu ditingkatkan lagi baik dari sisi waktu,  materi dan narasumber dan penyelenggara agar kegiatan ke depan bisa lebih baik lagi dan benar-benar memberikan kemanfaatan bagi mahasiswa khususnya dan FTIK pada umumnya,” tuturnya.

Ahmad Wahib Maulana selaku ketua panitia berharap agar kegiatan ini dilaksanakan dengan serius dan maksimal untuk mewujudkan lulusan FTIK yang berkualitas dan progresif.

“Di samping untuk menunjang persiapan PPL, kegiatan ini juga dalam rangka untuk membekali calon pendidik yang profesional sebagai output FTIK yang semakin bagus, serta lebih mengedepankan loyalitas dalam bidang pendidikan yang nantinya dipersiapkan sebagai pendidik yang mampu menjawab persoalan zaman,” tuturnya._(FTIK)

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…