Print this page

Rektor IAIN Pekalongan Lantik Pengurus ORMAWA Masa Bakti Tahun 2020

03 February 2020

Jumat (24/1/2020), Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. melantik sejumlah pengurus organisasi kemahasiswaan (ormawa), yaitu Senat Mahasiswa Institut (Sema-I), Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (Dema-I), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Unit Keterampilan Khusus (UKK) masa bakti tahun 2020.

Kegiatan ini bertempat di Auditorium dan turut hadir diantaranya Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, segenap tim bidang Akademik dan Kemahasiswaan, para pembina ormawa tingkat institut.

Sebelum melantik dan mengambil sumpah jabatan, Rektor yang akrab disapa Dr. Ade ini, menanyakan kesiapan dan kesediaan untuk dilantik dan mengemban tugas sebagai pengurus ormawa. “Siap, kami bersedia”, jawab pengurus ormawa dengan tegas. Pelantikan ini berlangsung dengan khidmat dan penuh antusias.

Prosesi dilanjutkan dengan beberapa sambutan, pertama oleh Rektor IAIN Pekalongan. Beliau menyatakan optimis pengurus ormawa tahun ini akan menghasilkan program-program yang luar biasa yang akan membawa manfaat tidak hanya bagi civitas akademika IAIN Pekalongan, tetapi juga masyarakat secara umum. “Manfaatkan kesempatan yang tidak akan terulang lagi ini dengan sebaik-baiknya untuk memberikan yang terbaik bagi mahasiswa dan IAIN Pekalongan, dan membawa nama baik dan prestasi di tingkat nasional, regional, dan internasional”, tegasnya.

Sambutan kedua oleh Ketua Dema-I masa bakti tahun 2020, Ahmad Wahib Maulana yang baru saja dilantik. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih atas amanah yang telah diberikan kepada seluruh pengurus ormawa periode tahun 2020 ini dan insya Allah kami akan berjuang semaksimal mungkin untuk membawa nama baik IAIN Pekalongan. “Oleh karena itu, kita harus berkolaborasi antar pengurus ormawa baik di tingkat institut maupun fakultas”, tambah Ketua Dema-I yang juga mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi ini.

Prosesi pelantikan ditutup dengan doa oleh Dr. H. M. Hasan Bisyri, M.Ag. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Syari’ah. Setelah doa penutup, kegiatan dilanjutkan dengan paparan kebijakan peningkatan kualitas ormawa, ta’aruf dan sharing gagasan antara pengurus dengan para pembina ormawa. Moh. Muslih, Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menyampaikan ucapan selamat dan memberikan pembinaan kepada pengurus ormawa yang baru dilantik, beliau juga memaparkan standar penilaian ormawa menuju ormawa unggul dan bermutu. Standar ini akan diberlakukan di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia dan khususnya di IAIN Pekalongan.

Standar penilaian ormawa tersebut meliputi: (1) spesifikasi, visi, misi, dan kurikulum ormawa, (2) perencanaan strategis, (3) tata kelola organisasi, (4) sumber daya manusia, (5) program kerja, (6) sarana prasarana, (7) jejaring dan alumni, (8) manajemen keuangan, dan (9) prestasi dan reputasi, serta (10) monitoring dan evaluasi. Kesepuluh standar penilaian ormawa tersebut akan menjadi kriteria dan standar kebijakan peningkatan kualitas ormawa, terangnya.

Di penghujung acara, para pembina dan pengurus ormawa saling mengucapkan selamat dan bersalaman serta diakhiri dengan foto bersama._(Humas Bagian Umum)

We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…