IAIN Pekalongan Selenggarakan SKD CPNS Tahun 2020

06 March 2020

Jum’at (6/3) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menyelenggarakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT (Computer Assisted Test) Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020, bertempat di Kompleks Asrama Haji Donohudan Boyolali, Solo, Jawa Tengah. Kegiatan SKD dengan sistem CAT ini merupakan rangkaian kegiatan seleksi CPNS yang diselenggarakan sejak bulan Oktober 2019, dimana pada tahun 2019 telah dilaksanakan pendaftaran dan seleksi administrasi.

Peserta SKD sedang menunggu sesi ujian CAT

Penyelenggaraan kegiatan SKD dengan sistem CAT ini dilakukan secara mandiri dan pelaksanaannya dilakukan secara bersama dengan satuan kerja (satker) Kementerian Agama se-wilayah Jawa Tengah. SKD bersama ini meliputi 10 (sepuluh) satker, diantaranya Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, UIN Walisongo Semarang, IAIN Surakarta, IAIN Purwokerto, IAIN Pekalongan, IAIN Salatiga, IAIN Kudus, STABN Wonogiri, Balai Diklat Keagamaan Semarang, dan Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.

Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rahayana, M.Ag menyampaikan bahwa dengan adanya rekrutmen CPNS ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja organisasi, dimana CPNS merupakan aset SDM yang akan menjalankan roda organisasi di masa yang akan datang. Rektor juga berharap kuota atau formasi CPNS yang telah ditetapkan Biro Kepegawaian Kementerian Agama dapat terisi semua, sehingga dapat meningkatnya jumlah SDM di lingkungan IAIN Pekalongan, baik tenaga pendidik (dosen) maupun tenaga kependidikan, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK), Dr. H. Syaifuddin Zuhri, M.Si menjelaskan bahwa IAIN Pekalongan mendapatkan kuota CPNS sebanyak 42 formasi, yang terdiri dari 37 formasi dosen, 3 formasi jabatan fungsional tertentu (JFT) dan 2 formasi jabatan pelaksana (JP). Lebih lanjut, Kepala Biro AUAK menjelaskan bahwa materi SKD meliputi 3 jenis, yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Adapun batas minimal kelulusan atau passing grade SKD sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 24 Tahun 2019, terangnya.

Kepala Bagian Umum, Saiful Anam, M.A menuturkan bahwa peserta SKD dengan sistem CAT ini adalah para pendaftar rekrutmen CPNS yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi sebagimana telah diumumkan melalui pengumuman Nomor : 4018/In.30/B.I.1/Kp.00.2/12/2019 tanggal 16 Desember 2019. Pelaksanaan SKD ini dijadwalkan oleh Biro Kepegawaian Kementerian Agama RI pada tanggal 6 – 7 Maret 2020 dengan jumlah total peserta 7.352 orang. Adapun jadwal SKD IAIN Pekalongan tanggal 6 Maret 2020 dengan jumlah peserta 438 orang yang dibagi dalam 2 sesi, sesi I sejumlah 24 peserta dan sesi II 414 peserta. Namun demikian, sangat disayangkan terdapat peserta yang tidak hadir sejumlah 50 peserta, tuturnya.

Penetapan lokasi SKD di Asrama Haji Donohudan ini merupakan pilihan yang tepat karena infrastrukturnya sangat memadahi, baik gedung maupun halaman sangat luas dan representatif. Sebagai informasi bahwa sebelumnya pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga melaksanakan SKD di Asrama Haji Donohudan ini.

Adapun hasil kelulusan SKD dengan sistem CAT ini akan diumumkan melalui www.kemenag.go.id, https://iainpekalongan.ac.id dan https://kepegawaian.iainpekalongan.ac.id._(Humas Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…