Cegah Covid-19, IAIN Pekalongan Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Kampus II

29 March 2020

Pekalongan - Sabtu, 28 Maret 2020 IAIN Pekalongan bekerja sama dengan PMI Kab. Pekalongan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah fasilitas gedung kampus II, diantaranya gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan gedung pendidikan terpadu. Penyemprotan cairan disinfektan ini dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di area kampus II.

Saiful Anam, M.A. selaku Kepala Bagian Umum IAIN Pekalongan menjelaskan bahwa dengan semakin merebaknya Virus Corona atau Covid-19 di sejumlah wilayah, maka harus ada upaya antisipasi pencegahan virus tersebut di area kampus. Apalagi di wilayah sekitar, baik Kab. Pekalongan, Kota Pekalongan, maupun Kab. Batang sudah mulai terjangkit virus corona tersebut. Penyemprotan disinfektan ini juga dilakukan sebagai upaya sterilisasi kampus atau ruang publik dari potensi penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Langkah ini juga dimaksudkan untuk membersihkan virus-virus lain, kuman maupun bakteri di lingkungan IAIN Pekalongan, tuturnya.

Wakil Rektor II IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag turut hadir dan menyaksikan penyemprotan disinfektan tersebut. Saat ditemui tim humas, beliau menyampaikan bahwa penyemprotan disinfektan ini merupakan langkah konkrit dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 di area kampus IAIN Pekalongan. Virus Corona ini jangan dianggap remeh, karena penularannya sangat cepat. Sudah banyak korban di beberapa wilayah, Pemerintah melalui BNPB juga sudah menetapkan status darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia, terangnya.

Terkait Covid-19 ini, Rektor IAIN Pekalongan juga telah menerbitkan Surat Edaran tentang upaya pencegahan infeksi virus corona di lingkungan kampus. SE Rektor ini merupakan tindak lanjut atas Surat Edaran Menteri Agama dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Diantara point-nya adalah: 1) perkuliahan dilakukan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran online yang ada selama semester genap tahun akademik 2019/2020; 2) kegiatan akademik dan non akademik lainnya yang melibatkan orang banyak ditiadakan; 3) membentuk gugus tugas penanganan covid-19; 4) menerapkan sistem Work From Home (WFH) sejak 24 s.d 31 Maret 2020.

Pada saat yang bersamaan, IAIN Pekalongan juga mendapat kiriman bibit pohon dari PT. Djarum Foundation untuk penghijauan kampus. Bantuan bibit pohon ini merupakan respon atas proposal yang telah dilayangkan sebelumnya dan telah dilakukan survey kelayakan lahan oleh PT. Djarum Foundation. IAIN Pekalongan mendapatkan bantuan sejumlah 2.155 bibit pohon yang terdiri dari berbagai jenis spesies tanaman._(Humas Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…