Rektor IAIN Pekalongan lantik Pejabat dan Mengambil Sumpah PNS

14 April 2020

Pekalongan – Sejumlah Pejabat di Lingkungan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pekalongan dilantik oleh Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag di Gedung Auditorium pada Selasa 14 April 2020. Agenda ini juga berbarengan dengan pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah direkrut pada 2018 lalu.

Tampak hadir Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan dan Kepala Biro AUAK sebagai saksi, dan jajaran pejabat di Lingkungan IAIN Pekalongan sebagai tamu undangan. 

Pejabat yang hari ini dilantik adalah Muhammad Aris Syafi'i, M.E.I sebagai Ketua Jurusan Ekonomi Syari'ah yang semula sebagai Sekretaris Jurusan, dan Happy Sista Devy, M.M. sebagai Sekretaris Jurusan Ekonomi Syari'ah Fakultas Ekonomi dan Islam IAIN Pekalongan masa jabatan 2020-2021. Pejabat yang baru saja dilantik ini merupakan pejabat antar waktu pengganti pejabat yang diberhentikan karena tugas belajar. Adapun CPNS yang diangkat menjadi PNS dan diambil sumpahnya sejumlah 71 orang, terdiri dari 68 orang formasi dosen dan 3 orang formasi Jabatan Fungsional Tertentu.

Ada yang berbeda dengan acara pelantikan pejabat sekaligus pengambilan sumpah PNS hari ini, karena acara dikemas dengan memperhatikan standar keamanan pandemi Covid-19 (coronavirus disease 2019), dimana para PNS yang diambil sumpah tidak semua hadir secara langsung di tempat acara, melainkan hanya perwakilan saja dari mereka. Sedangkan sebagian besar PNS diambil sumpahnya secara online melalui teleconference di tempatnya masing-masing.

Saiful Anam, M.A Selaku Kepala Bagian Umum menyampaikan bahwa pengambilan sumpah PNS secara online melalui teleconference ini didasarkan pada Surat Edaran Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 10/SE/IV/2020 tentang Pelantikan dan Pengambilan Sumpah PNS atau Sumpah Jabatan Melalui Media Elektronik / Teleconference Pada Masa Status Keadaan Tertentu Darurat Bencara Wabah Penyakit Akibat Virus Corona. Penyelenggaraan pelantikan pejabat akademik dan pengambilan sumpah PNS ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah dan physical distancing bagi yang hadir, terangnya.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Pekalongan mengucapkan selamat kepada para pejabat yang dilantik dan juga PNS yang telah diambil sumpahnya. Rektor berharap semoga pejabat yang dilantik mampu mengemban jabatan yang telah diamanatkan dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi untuk kemajuan IAIN Pekalongan. Rektor juga berpesan kepada PNS yang diambil sumpah agar menegakkan integritas, disiplin dan komitmen yang tinggi baik pada institusi IAIN Pekalongan, Pemerintah, Pancasila dan UUD 1945. PNS diminta bekerja dengan sungguh-sungguh dan semangat mengabdi pada bangsa dan negara, memajukan institusi dan juga menjaga nama baik IAIN Pekalongan, pesannya. 

Dalam suasana pandemi Covid-19 ini tentu tidak boleh mengurangi aktifitas atau bahkan menghentikan kegiatan-kegiatan yang sifatnya pelayanan publik. Sebagaimana anjuran Pemerintah, semua pelayanan publik harus tetap jalan meski dengan segala keterbatasan dan dengan memanfaatkan teknologi. Pelantikan pejabat guna mengisi kekosongan jabatan tetap dilakukan agar kinerja lembaga dan pelayanan publik (khususnya mahasiswa) tidak terganggu. Demikian pula dengan pengangkatan dan pengambilan sumpah PNS tetap harus jalan guna memenuhi hak-hak pegawai dan juga memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku._(Humas Bagian Umum)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…