IAIN Pekalongan Gelar Halal bi Halal Virtual di Tengah Pandemi COVID-19

02 June 2020

Pekalongan (2/6) - Keluarga besar IAIN Pekalongan menggelar Halal bi Halal virtual dengan mengangkat tema “Memperkokoh Silaturahmi dan Menorehkan Prestasi di Era New Normal” via aplikasi google meet dan dipublish secara live streaming di chanel Youtube IAIN Pekalongan, Kamis (02/06/2020).

Halal bi Halal virtual ini dikemas dengan model talkshow dan hadir secara fisik di tempat acara diantaranya Rektor, Para Wakil Rektor, dan Kepala Biro AUAK. Acara ini juga diikuti secara virtual oleh para pimpinan fakultas, para ketua jurusan, ketua lembaga, kepala unit, para dosen, pegawai serta tenaga harian IAIN Pekalongan.

Ketua pelaksana kegiatan Halal bi Halal virtual, Bapak Saiful Anam, M.A. yang juga menjabat sebagai Kepala Bagian Umum menjelaskan bahwa susunan acara kegiatan ini diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci al-Qur’an, menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Rektor IAIN Pekalongan, taushiyah dan talkshow oleh K.H. Hasan Su’aidi, M.Ag dengan host Dr. H. Muhlisin, M.Ag selaku Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh mudir Ma’had al-Jamiah, K.H. Miftahul Huda, M.Ag.

Mengawali sambutannya, Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Dedi Rohayana, M.Ag mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1441 H, "Saya atas nama pribadi dan institusi, dalam suasana saat ini mengucapkan Minal ‘Aidin wal Faizin, Taqabbalallahu Minna wa Minkum Kulla ‘Aam wa Antum Bi Khoir, mohon maaf lahir dan batin, apabila selama ini banyak aktivitas baik yang menyangkut ucapan, tindakan ataupun kebijakan yang dirasa kurang berkenan atau dianggap kurang tepat, atas nama pribadi maupun institusi, saya mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya," ujarnya.

Lebih lanjut beliau mengajak seluruh civitas akademika untuk tetap bersyukur di tengah kondisi pandemik covid-19, beliau juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang senantiasa aktif bersinergi dan berkontribusi selama pandemik covid-19, khususnya di lingkungan IAIN Pekalongan. Di akhir sambutannya beliau meminta doa dari semua civitas akademika terkait hajat IAIN Pekalongan di tahun ini yang akan melanjutkan kembali pembangunan Gedung SBSN berupa Gedung Fakultas Syariah di kampus II IAIN Pekalongan Jl. Pahlawan, Rowolaku, Kajen.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian taushiyah oleh K.H. Hasan Su’aidi, M.Ag. Dalam tausiyahnya, beliau menyampaikan bahwa silaturahmi harus tetap terjalin meskipun di tengah pandemik covid-19 dengan tetap memperhatikan social distancing dan physical distancing. “Kita harus tetap optimis bahwa ujian ini akan mampu kita hadapi dengan tetap ikhtiar dan tawakkal kepada Allah SWT”, terangnya. Dalam menutup taushiyahnya, K.H Hasan Su’aidi, M.Ag menegaskan bahwa kondisi pandemik covid-19 ini tidak boleh menjadi penghalang untuk tetap menorehkan prestasi, karena firman Allah dalam Q.S. al-Insyirah ayat 5-6 berbunyi “Fa Inna Ma’al ‘Usri Yusron, Inna Ma’al ‘Usri Yusron...” bahwa di balik kesulitan pasti akan disertai dengan kemudahan, dalam arti yang lain bahwa di balik ujian pandemik covid-19 ini pasti akan ada hikmah yang akan kita dapatkan, tuturnya.

Setelah tausiyah, acara disambung talkshow yang dipandu Dr. H. Muhlisin, M.Ag selaku host. Dalam talkshow ini, host memberikan kesempatan kepada para pimpinan unit kerja mewakili para dosen dan pegawai yang berada di wilayah unit kerjanya untuk menyampaikan ucapan hari raya Idul Fitri 1441 H dan ikrar Halal bi Halal sebagi simbol permohonan maaf dan menerima maaf satu sama lain. Ikrar Halal bi Halal dimulai dari Para Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Ketua Senat Akademik, para Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga, serta Kepala UPT dan Satuan di lingkungan IAIN Pekalongan.

 

Acara ditutup dengan doa oleh K.H Miftahul Huda, M.Ag selaku Mudir Ma’had al-Jam’iah IAIN Pekalongan tepat pukul 11.10 WIB. Dalam do’anya, beliau memanjatkan permohonan kepada Allah SWT, agar cita-cita mulia IAIN Pekalongan menjadi UIN Pekalongan segera terwujud. Acara dilanjutkan dengan ramah tamah dan foto bersama._(Humas IAIN Pekalongan)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…