Sambut Sistem Kerja New Normal, IAIN Pekalongan Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan

04 June 2020

Pekalongan (4/6) – IAIN Pekalongan kembali melakukan penyemprotan cairan disinfektan tahap II dengan menyasar seluruh area Kampus I IAIN Pekalongan. Penyemprotan ini dilaksanakan sebagai upaya pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) guna menyongsong sistem kerja pegawai di era new normal di lingkungan IAIN Pekalongan. Penyesuaian sistem kerja new normal ini akan diberlakukan mulai 5 Juni 2020 sebagaimana Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 58 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara Dalam Tatanan Normal Baru.

Kepala Bagian Umum, Saiful Anam, S.Ag., M.A., menjelaskan bahwa kegiatan penyemprotan cairan disinfektan tersebut sebagai tindak lanjut pelaksanaan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor: HK.02.01/MENKES/335/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan COVID-19. “Penyemprotan disinfektan di Kampus I IAIN Pekalongan dilaksanakan pada hari Rabu (03/06/20) mulai pukul 08:00 WIB s.d. selesai, sedangkan di Kampus II pada Kamis (04/06/20) dalam rentang waktu yang sama,” paparnya.

Lebih lanjut Saiful Anam, S.Ag., M.A. menjelaskan bahwa penyemprotan disinfektan ini menggunakan cairan herbal yang ramah lingkungan dan tidak membahayakan tubuh bila terhirup. Penyemprotan juga dilakukan secara mandiri oleh para tenaga kebersihan IAIN Pekalongan. Meski demikian para petugas tetap menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker dan sarung tangan yang disediakan. “Kegiatan ini saya dampingi langsung dan semua petugas menggunakan APD yang dibagikan,” jelas Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., ketika dihubungi oleh tim humas, menuturkan bahwa penyemprotan cairan disinfektan tahap II ini merupakan langkah konkrit IAIN Pekalongan dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan kampus sekaligus sebagai persiapan menjelang aktivitas saat new normal diberlakukan setelah Work From Home (tugas kedinasan di rumah/tempat tinggal) selama masa pandemi ini.

Diketahui, pemberlakuan Work From Home bagi dosen dan pegawai IAIN Pekalongan berakhir pada Kamis, 4 Juni 2020, dan tidak diperpanjangan namun diganti dengan sistem kerja dalam tatanan normal baru sebagaimana arahan Presiden guna menjaga perekonomian negara dan produktivitas kerja dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan masyarakat. Work From Home di lingkungan IAIN Pekalongan berlaku mulai 24 Maret 2020 sesuai dengan Surat Edaran Rektor IAIN Pekalongan yang telah diubah beberapa kali terakhir dengan Nomor: 1766/In.30/B.I.1/HM.00/5/2020 tentang Perpanjangan Masa Pelaksanaan Tugas Kedinasan di Rumah dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Lingkungan IAIN Pekalongan, tertanggal 29 Mei 2020.

Saat ini, lanjut Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, dan Keuangan IAIN Pekalongan tengah mempersiapkan protokol kesehatan untuk diterapkan saat New Normal berlangsung. “Mekanisme WFO maupun WFH sedang dilakukan pemetaan dan proses bisnis, teknisnya juga masih dalam pembahasan, tetapi kita sudah ada gambarannya. Yang jelas wajib mengikuti protokol kesehatan,” pungkas Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag._(Humas Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…