Cegah Covid-19, IAIN Pekalongan Terbitkan SOP Masuk Area Kampus

05 June 2020

Pekalongan (5/6) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menerbitkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Masuk Area Kampus bagi seluruh sivitas akademika di lingkungan IAIN Pekalongan sebagai salah satu langkah pencegahan dan penanganan Virus Corona atau Covid-19.

SOP tersebut berisi empat hal yang harus dilakukan oleh seluruh sivitas akademika di lingkungan IAIN Pekalongan ketika akan memasuki area kampus, yakni wajib memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan/atau handsanitizer di tempat yang telah tersedia, bersedia melakukan cek suhu badan oleh petugas yang selalu siap siaga di pintu gerbang kampus dan terakhir masuk Bilik Disinfektan Uap (BDU) sebagai langkah antisipasi dan sterilisasi tubuh, pakaian dan aksesoris yang melekat pada tubuh dari virus corona.

SOP ini merupakan salah satu bentuk panduan protokol kesehatan untuk mendukung Gerakan Kampus Tangguh yang telah dibentuk oleh Rektor IAIN Pekalongan, Dr. Ade Dedi Rohayana, M.Ag. Dalam kesempatan khusus, Rektor berpesan bahwa seluruh civitas akademika IAIN Pekalongan dan masyarakat pengguna layanan pendidikan tinggi yang memasuki area kampus IAIN Pekalongan wajib mematuhi SOP ini sebagai wujud dari memaksimalkan ikhtiar kita sebagai manusia untuk melindungi diri dan keluarga dari merebaknya wabah Covid-19, imbuhnya.

Saiful Anam, M.A. selaku ketua pelaksana Gerakan Kampus Tangguh menyampaikan bahwa SOP Masuk Area Kampus ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Rektor IAIN Pekalongan Nomor: 1135/In.30/B.I.1/HM.00/3/2020 tentang Tindak Lanjut Surat Edaran Menteri Agama RI Nomor: SE. 4 Tahun 2020 Tentang Perubahan Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease-2019 (Covid-19) Pada Kementerian Agama yang kemudian diperbaharui dengan Surat Edaran Rektor IAIN Pekalongan Nomor: 1703/In.30/B.I.1/HM.00/4/2020 sebagaimana telah diubah beberapa kali dan terakhir diubah dengan Surat Edaran Rektor IAIN Pekalongan Nomor: 1766/In.30/B.I.1/HM.00/5/2020 tentang Perpanjangan Masa Pelaksanaan Tugas Kedinasan Di Rumah Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Lingkungan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, tuturnya.

Dengan diberlakuannya sistem kerja pegawai dalam tatanan normal baru, dimana sebagian besar pegawai IAIN Pekalongan melaksanakan tugas kedinasan di kantor (work from office), maka SOP Masuk Area Kampus ini ditegaskan kembali yang dituangkan dalam Surat Edaran Rektor IAIN Pekalongan Nomor: 1780/In.30/B.I.1/HM.00/06/2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Dalam Tatanan Normal Baru di Lingkungan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan. Hal ini dilakukan sebagai pengingat agar para pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan di kantor melakukan protokol kesehatan secara ketat, sekaligus sebagai sosialisasi kepada sivitas akademika yang akan memasuki area kampus tangguh IAIN Pekalongan._(Humas_Bagian Umum)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…