Sukseskan Gerakan Kampus Tangguh, IAIN Pekalongan Fasilitasi Bilik Disinfektan Uap

15 April 2020

Pekalongan (15/4) – Gerakan Kampus Tangguh yang telah dicanangkan Rektor IAIN Pekalongan sebelumnya, guna melengkapi program kerjanya kini hadirkan Bilik Disinfektan Uap (BDU). BDU disediakan sebagai fasilitas sterilisasi bagi civitas akademika yang akan memasuki area kampus IAN Pekalongan.

Sejak pandemi Covid-19 mulai mewabah di Indonesia pada awal Maret 2020, praktis kegiatan perkuliahan di seluruh perguruan tinggi di Indonesia beralih ke perkuliahan daring atau online. Meskipun demikian, beberapa kegiatan secara terbatas tetap harus dilaksanakan di kampus dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat guna pencegahan penyebaran Covid-19. Oleh karena itu, BDU dihadirkan untuk menambah rasa aman bagi warga kampus yang akan memasuki area kampus, mengingat sampai saat ini laju penularan virus yang belum dapat dikendalikan.

Saiful Anam, M.A., selaku ketua Gerakan Kampus Tangguh IAIN Pekalongan menerangkan bahwa BDU ini adalah bilik sterilisasi yang digunakan untuk meminimalisasi penularan dan penyebaran virus Covid-19 melalui atribut yang kita gunakan, seperti pakaian, tas, dan aksesoris lainnya. “Bilik ini sudah terbukti ampuh membubuh virus, kuman, bakteri atau mikroba lainnya”, tambah pria yang juga menjabat sebagai Kabag Umum di IAIN Pekalongan ini.

Lebih lanjut, Saiful Anam berharap Bilik Disinfektan Uap ini dapat membantu pencegahan penyebaran dan penularan virus COVID-19 sesuai dengan standar kesehatan dan keamanan bagi pengguna. Selain itu, bilik disinfektan uap ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi dan mensukseskan program "Gerakan Kampus Tangguh" yang sedang digalakkan IAIN Pekalongan dalam penerapan protokol kesehatan dan SOP masuk area kampus, pungkasnya.

Sistem kerja BDU ini menggunakan sensor otomatis. Ketika orang mendekati bilik kurang lebih 3 meter, mesin akan menyala secara otomatis. Pengguna tidak perlu menyentuh tombol untuk mengaktifkan sistem sterilisasi ini sehingga mengurangi potensi penularan dari pengguna bilik disinfektan ini. Penggunaan BDU tergolong mudah, ketika masuk bilik pengguna dianjurkan menggunakan masker, memejamkan mata dalam bilik selama 10-20 detik dengan memutarkan badan agar uap disinfektan merata ke seluruh tubuh. Agar setiap pengguna mengetahui tata cara penggunaannya, SOP telah ditempel pada dinding bagian depan bilik._(Humas_Bagian Umam)

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…