Pelaksanaan SSE UM-PTKIN Secara Daring di IAIN Pekalongan Berjalan Lancar

07 August 2020

Pekalongan (7/8) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menggelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) Tahun 2020 melalui Sistem Seleksi Elektronik (SSE) secara daring pada Senin (3/8/2020), sampai dengan Kamis (6/8/2020). Ada sebanyak 2.317 peserta ujian calon mahasiswa baru yang terdaftar memilih ujian di panitia lokal IAIN Pekalongan. Sedangkan yang memilih program studi di IAIN Pekalongan sejumlah 2.484 calon mahasiswa.

Ketua Panitia lokal UM-PTKIN IAIN Pekalongan, Dr. H. Muhlisin, M.Ag. mengatakan  “Tes melalui SSE yang dilaksanakan secara daring ini merupakan yang pertama dilakukan dilingkungan PTKIN, hal ini merupakan salah satu upaya PTKIN mencegah penyebaran Covid-19 dimasa pandemi ini, sehingga dilaksanakanlah tes ini secara daring, agar tidak terjadi kerumunan masa,” ungkapnya.

“Dengan telah dilakukan beberapa kali uji coba ujian elektronik secara daring sebelum ujian SSE sesungguhnya dilaksanakan, Alhamdulillah secara keseluruhan kegiatan ujian SSE ini, yang mengikuti ujian meningkat drastis dengan prosentase 90,85% dan selebihnya 9,15% tidak mengikuti ujian, yang sebelumnya pada saat ujicoba hanya 71% yang mengikuti ujicoba ujian SSE” jelasnya.

Hal tersebut diungkapkan Muhlisin saat melakukan monitoring terhadap para penanggung jawab ruang SSE pada pelaksanaan  Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri melalui SSE secara daring di Kampus 2 IAIN Pekalongan yang digelar 4 hari tersebut. Lebih lanjut, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan IAIN Pekalongan ini mengungkapkan, bahwa “secara umum seleksi UM-PTKIN melalui SSE kali ini berjalan dengan lancar dan tanpa kendala berarti”, imbuhnya.

 Dr. H. Muhlisin, M.Ag. melakukan monitoring terhadap para penanggung jawab ruang SSE

Sementara itu Kepala Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data, H. Ahmad Rosyid, SE, M.Si, Ak.CA., selaku penanggungjawab SSE panitia lokal IAIN Pekalongan mengatakan, bahwa “Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri  (UM-PTKIN) Tahun 2020 melalui SSE ini dilaksanakan daring selama 4 hari, yaitu mulai hari senin sampai dengan kamis kemarin. Dengan rincian perhari ada 10 ruang dan 3 kali sesi ujian, sehingga totalnya 12 sesi ujian selama 4 hari. Dari jumlah peserta 2.317 calon mahasiswa yang terdaftar memilih ujian di panitia lokal IAIN Pekalongan, ada sebanyak 2.105 atau 90,85% yang mengikuti ujian dan yang tidak mengikuti ujian 212 atau 9,15%”, ungkapnya.

Sedangkan untuk informasi pengumuman hasil ujian SSE UM-PTKIN Tahun 2020 ini, akan diumumkan pada tanggal 24 Agustus 2020 melalui laman https://um-ptkin.ac.id dan https://iainpekalongan.ac.id._(Arsya)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…