IAIN Pekalongan Gelar Review Eviden PMPRB dan PMPZI

24 December 2020

Pekalongan (24/12) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan mengadakan rapat koordinasi bertema “Review Eviden PMPRB dan PMPZI” pada Rabu, 23 Desember 2020 bertempat di Ruang Sidang Lantai 3 Gedung Rektorat IAIN Pekalongan, Kampus I Jl. Kusuma Bangsa Nomor 9 Pekalongan. PMPRB adalah singkatan dari Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Sementara PMPZI singkatan dari Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas. Review ini merupakan kegiatan bedah dokumen bukti-bukti (eviden) pelaksanaan reformasi birokrasi dan pembangunan zona integritas di lingkungan IAIN Pekalongan. Kegiatan yang dikemas secara blended (offline dan online) ini dimulai pukul 09:00 WIB dan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan IAIN Pekalongan.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim task force yang dinilainya cukup tangguh dalam menyiapkan eviden-eviden yang dibutuhkan terkait implementasi reformasi birokrasi (RB) dan pembangunan zona integritas (ZI) di IAIN Pekalongan, di tengah-tengah kesibukan tugas akademik dan juga suasana pandemi Covid-19. Secara khusus, beliau mengapresiasi kinerja Kepala Bagian Umum IAIN Pekalongan yang telah menjadi pionir dan motor penggerak dalam RB-ZI di IAIN Pekalongan. Dr. Zaenal berharap, kegiatan Review Eviden PMPRB dan PMPZI dapat membantu tim dalam rangka melengkapi dan memperbaiki eviden-eviden RB-ZI sesuai dengan saran dan arahan dari para pakar. “Semoga kegiatan review dapat berjalan dengan lancar dan sukses, dan ke depan bisa turut memperbaiki kualitas layanan penyelenggaraan pendidikan tinggi di IAIN Pekalongan,” pungkasnya saat memberikan sambutan secara online via zoom meeting.

Kepala Bagian Umum IAIN Pekalongan, Saiful Anam, M.A. selaku Ketua Tim mengingatkan bahwa implementasi reformasi birokrasi dan pembangunan zona integritas di IAIN Pekalongan merupakan salah satu wujud dukungan Satker atau lembaga kepada pemerintah dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Terlebih saat ini, IAIN Pekalongan telah ditetapkan oleh Kementerian Agama sebagai salah satu PTKIN pelaksana pilot project RB-ZI, maka tidak ada pilihan lain selain menunjukkan kinerja terbaik. Selanjutnya, Saiful Anam menjelaskan bahwa tujuan dari Review Eviden PMPRB dan PMPZI ini adalah untuk memverifikasi kesesuaian eviden-eviden yang telah disiapkan dengan standar penilaian serta menginventarisir eviden-eviden yang belum lengkap di setiap area perubahan. “Setelah kegiatan review ini kita akan menindaklanjuti saran dan masukan dari para narasumber, terutama terkait eviden-eviden yang belum lengkap pada masing-masing indikator penilaian dan submit tepat waktu,” tandasnya.

Review Eviden PMPRB dan PMPZI di IAIN Pekalongan menghadirkan 2 (dua) narasumber praktisi yang kompeten di bidang RB-ZI. Narasumber pertama adalah Yusi Damayanti, S.E.Akt., M.M., Kasubbag. Ortala Setditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama yang hadir secara online via zoom meeting mengungkapkan bahwa, secara umum sudah ada progress yang sangat baik terkait pengumpulan dan penyusunan eviden yang dibutuhkan dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) di IAIN Pekalongan. Berdasarkan dokumen eviden yang telah disampaikan sebelumnya, narasumber memberikan catatan kritis terkait kekurangan dokumen eviden tersebut di masing-masing area, meliputi: Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan Penguatan Kualitas Layanan Publik.

Narasumber kedua, Diyah Rochati, S.E., M.H., Kepala Bagian Umum IAIN Salatiga yang hadir secara langsung (offline) lebih berfokus pada penyisiran kesesuaian tiap-tiap dokumen eviden secara faktual (fisik), dan juga fokus pada simulasi penilaian. Menurutnya, dengan mengadakan review ini, IAIN Pekalongan sudah selangkah lebih maju sebelum dokumen eviden PMPRB dan PMPZI dinilai langsung oleh Tim Penilai Internal, baik dari Ditjen Pendidikan Islam maupun Inspektorat Kementerian Agama. Sebagai informasi bahwa IAIN Salatiga baru saja menerima penghargaan dari Kementerian PAN dan RB sebagai unit kerja berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Dengan demikian, narasumber praktisi yang dihadirkan kali ini sangat tepat untuk berbagi pengalaman atas upaya-upaya pembangunan zona integritas, termasuk strategi pencapaian predikat WBK.

Review Eviden PMPRB dan PMPZI di IAIN Pekalongan dihadiri oleh seluruh anggota Tim Percepatan Implementasi RB dan Pembangunan ZI. Beberapa anggota tim yang tidak bisa hadir secara langsung, tetap mengikuti kegiatan review dengan bergabung melalui media Zoom Meeting atau online. Secara umum, kegiatan Review Eviden PMPRB dan PMPZI berjalan dengan lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19._(Humas_Bagian Umum)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…