Upacara HAB ke-75 Kemenag, Rektor IAIN Pekalongan Tekankan 3 Kunci Semangat Baru

06 January 2021

Pekalongan (6/1) - Dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama (Kemenag), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan menggelar upacara bendera pada Selasa (5/1/2021). Kegiatan ini dilaksanakan secara blended, yaitu daring melalui zoom meeting dan live streaming di kanal YouTube IAIN Pekalongan serta luring dari halaman Kampus I IAIN Pekalongan dengan menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan Covid-19.

Dibingkai dengan tema “Indonesia Rukun”, upacara bendera HAB Kemenag tahun ini tetap berlangsung secara khidmat sejak pagi pukul 07:00 WIB s.d. selesai. Upacara HAB Kemenag diikuti oleh seluruh dosen dan pegawai IAIN Pekalongan. Bertindak sebagai inspektur upacara ialah Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag.

Pada momen ini, Rektor IAIN Pekalongan membacakan sambutan dari Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas. Dr. Ade menuturkan, kerukunan umat beragama merupakan salah satu modal bangsa Indonesia untuk maju. “Tanpa kerukunan, akan sulit menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia,” tegasnya.

Lebih lanjut, Dr. Ade mengingatkan tentang semangat Kemenag baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama. Semangat Kemenag baru itu dapat diterjemahkan dengan tiga kata kunci. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pendidikan agama dan keagamaan, pusat pelayanan keagamaan, dan pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah. Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Rektor juga mengimbau para dosen dan pegawai IAIN Pekalongan untuk mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang. Rektor juga mendoakan semoga pandemi Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita dan kemanusiaan segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah. “Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Dalam upacara peringatan HAB ke-75 Kemenag ini, Rektor menyematkan penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 18 dosen dan pegawai IAIN Pekalongan dengan masa pengabdian 30 tahun (1 orang), 20 tahun (10 orang), dan 10 tahun (7 orang). Selain itu, diumumkan pula pemenang lomba kreasi foto dengan bingkai twibbon Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama (Kemenag), yang diadakan oleh Dharma Wanita Persatuan IAIN Pekalongan. Upacara bendera diakhiri dengan pembacaan doa._(Humas_Bagian Umum)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…