IAIN Pekalongan Adakan Sosialisasi PDSS SPAN PTKIN Tahun 2021

15 February 2021

Pekalongan – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan mengadakan kegiatan sosialisasi secara virtual melaui zoom meeting tentang tata cara pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pada website https://span-ptkin.ac.id. Kegiatan ini diselenggarakan selama empat hari, pada Senin s.d Kamis, 8 s.d 11 Februari 2021 pukul 09.00 – 12.00 WIB yang dibagi dalam empat kelompok, yakni hari pertama (8/2) diikuti peserta dari Kab. Kendal, Kab. Batang dan Kota Pekalongan, hari kedua (9/2) diikuti peserta dari Kab. Pekalongan, Kab. Pemalang dan Kab. Tegal, hari ketiga (10/2) diikuti peserta dari Kab. Brebes dan Kota Tegal, dan hari keempat (11/2) diikuti peserta dari Kab. Banjarnegara.

Sosialisasi virtual ini dilaksanakan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan tahapan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN). SPAN-PTKIN merupakan pola seleksi PMB yang dilaksanakan serentak secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem terpadu yang panitia pelaksananya telah ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. PMB jalur SPAN-PTKIN ini dilakukan dengan cara mengisi data nilai rapor peserta didik oleh pengelola lembaga pendidikan baik dari SMA, SMK, MA, MAK, maupun Pesantren Mu'adalah.

Kegiatan sosialisasi virtual ini diinisiasi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan (Wakil Rektor I) dengan pelaksana teknis pada Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (AKMA) dan Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (UTIPD) IAIN Pekalongan. Peserta sosialisasi meliputi seluruh guru Bimbingan Konseling (BK) dan Operator Sekolah tingkat SMA/SMK/MA/sederajat se-eks Karesidenan Pekalongan dan ditambah Kabupaten Kendal dan Banjarnegara. Sebagai narasumber pada kegiatan sosialisasi virtual ini, diantaranya adalah Rektor dan Wakil Rektor I IAIN Pekalongan, Para Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) se-eks Karesidenan Pekalongan, serta para Kepala Kantor Perwakilan Wilayah IX, XI, XII dan XIII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag., dalam sambutannya menyatakan terima kasih dan apresiasinya kepada segenap panitia pelaksana atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi PMB dan pengisian PDSS SPAN-PTKIN yang kali pertama diadakan secara virtual dikarenakan situasi pandemi Covid-19. Rektor juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh narasumber serta seluruh peserta sosialisasi atas kesediaan meluangkan waktu serta partisipasinya dalam acara sosialisasi secara virtual ini. Pada kesempatan ini, Rektor menghimbau dan mengajak kepada seluruh peserta sosialisasi agar memotivasi peserta didiknya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, khususnya di IAIN Pekalongan guna meningkatkan indeks partisipasi masuk perguruan tinggi di Indonesia, pungkasnya.

Sementara itu Wakil Rektor I IAIN Pekalongan, Dr. H. Muhlisin, M.Ag., dalam paparannya menjelaskan bahwa IAIN Pekalongan telah bersertifikat ISO 21001:2018 dan 9001:2015 serta terakreditasi B dengan nilai 350. “Ini merupakan prestasi yang dapat kita jual kepada peserta didik”, tandasnya. Dr. Muhlisin juga menyampaikan sedikitnya 14 (empat belas) alasan penting kenapa memilih IAIN Pekalongan, yaitu 1) investasi ekonomis-minimalis dengan hasil yang optimalis; 2) biaya kuliah relatif terjangkau; 3) pelayanan prima; 4) Uang Kuliah Tunggal (UKT) sangat murah; 5) lokasi kampus yang stategis; 6) akses transportasi mudah; 7) biaya hidup di sekitar kampus sangat terjangkau; 8) dosen kompeten di bidangnya, baik lulusan dalam maupun luar negeri; 9) layanan akademik berbasis informasi dan teknologi (IT); 10) layanan internet 24 jam dengan bandwith terbesar di Pekalongan; 11) tersedia berbagai macam beasiswa, seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Prestasi akademik, tahfidz Qur’an minimal 3 juz, Bank Indonasia, Baznas, BNI Syariah, BRI Syariah dan lain-lain; 12) adanya kerjasama peningkatan mutu perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri; 13) kemitraan dengan pondok pesantren; 14) proses alih status dari IAIN menuju Universitas Islam Negeri (UIN), jelasnya.

Lebih lanjut, Dr. Muhlisin menyampaikan bahwa sistem penerimaan mahasiswa baru pada IAIN Pekalongan tahun 2021 ada enam jalur, yaitu: 1) SPAN-PTKIN; 2) UM-PTKIN; 3) jalur mandiri; 4) jalur minat bakat; 5) jalur luar negeri; 6) jalur luar jawa. Pendaftaran PMB jalur SPAN-PTKIN mulai tanggal 19 Februari s.d 15 Maret 2021, jalur UM-PTKIN mulai tanggal 1 s.d 30 April 2021, jalur minat dan bakat mulai tanggal 27 Mei s.d 7 Juli 2021, serta jalur mandiri, luar negeri dan luar jawa mulai tanggal 27 Mei s.d 22 Juli 2021. Informasi mengenai PMB ini dapat dilihat di https://www.iainpekalongan.ac.id/info/846-pendaftaran-mahasiswa-baru-iain-pekalongan-tahun-akademik-2021-2022 dan brosur dapat diunduh di http://bit.ly/brosurPMBIAINPKL2021.

Selanjutnya, materi teknis tutorial pengisian PDSS SPAN-PTKIN dipandu oleh tim UTIPD IAIN Pekalongan di sesi akhir pada setiap harinya melalui aplikasi online berbasis website pada https://span-ptkin.ac.id. Dalam kegiatan ini peserta sosialisasi dipandu dalam registrasi, langkah-langkah pengisian dan finalisasi pendataan PDSS SPAN-PTKIN tahun 2021. Pada setiap sesi zoom meeting diakhiri dengan sesi tanya jawab dan do’a bersama._(Humas Bagian Umum)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…