Ratusan Mahasiswa IAIN Pekalongan Ikuti Seleksi Beasiswa BAZNAS

23 March 2021

Pekalongan (23/3) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Tengah melakukan seleksi beasiswa yang bersumber dari pengelolaan Baznas di Gedung Pascasarjana Kampus I IAIN Pekalongan, Jl. Kusumabangsa No. 9 Kota Pekalongan. Bertindak sebagai penguji seleksi beasiswa tersebut, yakni Drs. K.H. Ahmad Hadlor Ihsan sekalu Ketua IV Baznas Prov. Jawa Tengah dan Drs. H. Ahyani, M.Si selaku Sekretaris Baznas Prov Jawa Tengah.

Seleksi beasiswa Baznas ini merupakan seleksi tahap II setelah dinyatakan lolos administrasi sesuai kriteria yang ditetapkan. Terdapat beberapa syarat administrasi yang harus dipenuhi, di antaranya yang paling krusial adalah IPK minimal 3,5. Seleksi tahap II berupa ujian tulis dan wawancara oleh tim penguji dari Baznas Provinsi Jawa Tengah. Mahasiswa yang mendaftar sekitar 700 mahasiwa, namun yang lolos seleksi administrasi (seleksi tahap I) sejumlah 104 mahasiswa, terdiri dari 91 mahasiswa program S.1 dan 13 mahasiswa program S.2. Dari 104 ini akan diambil sejumlah 34 mahasiswa yang akan diberi beasiswa Baznas, dengan komposisi 30 mahasiswa program S.1 dan 4 mahasiswa program S.2., ujar Arif Rahman yang menjabat Kasubbag. Kemahasiswaan, Alumni dan Kerja Sama.

Beasiswa ini bukan pertama kalinya, Baznas Provinsi Jawa Tengah telah mengucurkan beasiswa kepada mahasiswa IAIN Pekalongan sejak tahun 2018, saat ini ada sekitar 68 mahasiswa. Dalam arahannya, tim penguji menyampaikan bahwa proses seleksi akan dilakukan secara ketat dengan berpegang pada prinsip-prinsip keadilan. Tim penguji juga mengingatkan kepada para calon penerima beasiswa, agar selalu meningkatkan prestasi, baik akademik dan non-akademik, khususnya mahasiswa yang telah memperoleh beasiswa dari Baznas, tutur K.H. Ahmad Hadlor Ihsan.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Drs. Moh. Muslih, Ph.D mengungkapkan bahwa beasiswa dari Baznas ini sangat penting untuk membantu dan memotivasi mahasiswa agar senantiasa berprestasi. “Beasiswa dari Baznas dapat membantu percepatan studi, serta memotivasi mahasiswa untuk terus berprestasi baik akademik maupun non-akademik”, jelasnya. Lebih lanjut, Moh. Muslih mengungkapkan bahwa mahasiswa penerima beasiswa Baznas ini diharapkan dapat menjadi mahasiswa yang cerdas baik secara kognitif maupun afektif, serta dapat memiliki nilai-nilai moderat untuk lebih mencintai NKRI._(Dewi_Humas Umum)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…