Persiapan Pembelajaran Tatap Muka, Dosen dan Tendik IAIN Pekalongan Divaksinasi Covid-19

25 March 2021

Pekalongan (25/3) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis satu kepada 150 dosen dan tenaga kependidikan (tendik) yang bekerja di wilayah kampus I IAIN Pekalongan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis (25/3/2021) di Auditorium Kampus I IAIN Pekalongan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Kegiatan vaksinasi Covid-19 difasilitasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kota Pekalongan dan sebagai pelaksana lapangan ditunjuk tim dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kraton Pekalongan.

Dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB, kegiatan vaksinasi Covid-19 dilaksanakan secara bergantian kepada para dosen dan tendik di lingkungan IAIN Pekalongan. Sebelum dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19, para dosen dan tendik harus melewati beberapa langkah sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan, yakni pengisian form screening, tes suhu dan tensi, dan setelah dinyatakan sehat dan dalam kondisi fit dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin. Adapun vaksinasi Covid-19 dosis dua akan dilaksanakan sebelum memasuki bulan Ramadhan yaitu pada 8 April 2021.

Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag. ditemui saat penyuntikan vaksin mengungkapkan bahwa pelaksanaan vaksinasi Covid-19 sebagai persiapan untuk pembelajaran tatap muka sehingga dosen dan tendik menjadi prioritas pemberian vaksin. “Semoga dengan pelaksanaan vaksinasi ini pembelajaran tatap muka bisa secepatnya dilangsungkan. Saya berharap semua pimpinan, dosen dan tendik yang dijadwalkan hari ini bisa ikut vaksin,” ungkap Rektor. Adapun mengenai kepastian kapan dimulai pembelajaran tatap muka, Rektor mengatakan masih menunggu kebijakan Pemerintah, baik pusat maupun daerah. “Pembelajaran tatap muka menunggu keputusan Pemerintah, paling cepat dimulai semester depan. Kita juga menunggu izin dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Pekalongan," tambah Rektor.

Kepala Bagian Umum IAIN Pekalongan, Saiful Anam, M.A menuturkan bahwa data sasaran vaksinasi Covid-19 bagi dosen dan tendik di lingkungan IAIN Pekalongan telah disampaikan ke Dinkes Kota dan Kabupaten Pekalongan pada pertengahan Februari 2021. Sebagaimana diketahui bahwa IAIN Pekalongan memiliki 2 kampus, yakni kampus I berada di wilayah Kota Pekalongan dan kampus II berada di wiliayah Kabupaten Pekalongan. Dengan demikian pendataan sasaran vaksinasi Covid-19 di lingkungan IAIN Pekalongan dibagi menjadi 2 kelompok sesuai kewenangan penanganan vaksinasinya.

Lebih lanjut Kabag. Umum menyampaikan bahwa data dosen dan tendik yang menjadi wilayah penanganan vaksinasi Dinkes Kota Pekalongan berjumlah 227 orang, namun yang diakomodasi sejumlah 150 orang karena keterbatasan jumlah obat vaksinnya. Oleh karena itu, dosen dan tendik yang divaksinasi hari ini didasarkan pada skala prioritas, yaitu seluruh pimpinan, dosen tetap dan tendik tetap, sementara dosen tidak tetap dan dosen CPNS akan dilaksanakan tahap berikutnya. "Data dosen dan tendik yang menjadi wilayah penanganan vaksinasi Dinkes Kabupaten Pekalongan berjumlah 388 orang, namun sampai saat ini kuotanya belum ditetapkan dan pelaksanaannya juga belum dijadwalkan," jelas Kabag. Umum

Sementara itu, Ketua Tim Vaksinasi RSUD Kraton Pekalongan, dr. Rosita mengatakan manfaat utama dari vaksinasi Covid-19 adalah untuk memberikan perlindungan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit terutama yang diakibatkan dari virus Covid-19. “Dengan penyuntikan dosis satu Covid-19 dan dilanjutkan dosis dua akan menstimulasi kekebalan dan antibodi dalam tubuh penerima vaksin,” ungkapnya. Setelah penyuntikan dosis satu Covid-19, dr. Rosita menambahkan agar para dosen dan tendik penerima vaksin dalam kehidupan sehari-hari tetap melaksanakan protokol kesehatan. “Protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan ya, sekarang bukan hanya 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) tetapi menjadi 5 M ditambah dengan menjauhi kerumunan dan juga mengurangi bepergian," tambahnya._(Dimas_Humas Umum)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…