200 Dosen & Tendik Kampus 2 IAIN Pekalongan divaksinasi

31 March 2021

Pekalongan (30/3) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan kembali melaksanakan vaksinasi Covid-19 dosis satu khusus untuk dosen dan tenaga kependidikan (tendik) yang bekerja di lingkup kampus 2 IAIN Pekalongan, Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 dilaksanakan pada Selasa (30/3/2021) di Ruang Lobi Gedung FTIK lantai 1, kampus 2 IAIN Pekalongan. Tercatat sebanyak 200 dosen dan tendik telah mengikuti penyuntikan vaksin dosis satu yang terdiri dari unsur pimpinan Fakultas, Lembaga, UPT, dosen dan tenaga kependidikan.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 difasilitasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemerintah Kabupaten Pekalongan dan sebagai pelaksana lapangan ditunjuk tim dari Puskesmas Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Dimulai pukul 09.00 WIB, kegiatan vaksinasi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Peserta wajib memakai masker dan ketika memasuki area kampus diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer serta cek suhu badan. Peserta terlihat antusias mengikuti vaksinasi Covid-19, bahkan sebagian peserta berdatangan sebelum acara dibuka.

Kepala Bagian Umum IAIN Pekalongan, Saiful Anam, M.A. menuturkan bahwa kegiatan vaksinasi di kampus 2 ini merupakan kali kedua, sebelumnya vaksinasi diperuntukkan bagi dosen dan tendik yang bekerja di lingkup kampus 1, Jl. Kusumabangsa No. 9 Kota Pekalongan sejumlah 150 orang dari 227 nama yang diusulkan ke Dinkes Kota Pekalongan. Sementara di lingkungan kampus 2 IAIN Pekalongan, data sasaran calon penerima vaksinasi yang diusulkan ke Dinkes Kabupaten Pekalongan sebanyak 388 orang sesuai dengan jumlah dosen dan tendik yang ada. Namun karena keterbatasan vaksin, pihak Dinkes menyetujui sejumlah 200 orang. Karena itu peserta vaksinasi hari ini didasarkan pada skala prioritas, yaitu seluruh pimpinan unit kerja, dosen tetap dan tendik tetap, sementara dosen tidak tetap dan tendik outsourcing akan dilaksanakan pada tahap berikutnya, ungkap Kabag. Umum.

Koordinator Pelaksana Vaksinasi Kabupaten Pekalongan, Casmudi, S.Kep., M.M, mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk dosen dan tendik kampus 2 IAIN Pekalongan merupakan rangkaian kegiatan vaksinasi yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan yang dimulai sejak akhir Januari 2021. “Untuk kegiatan vaksinasi Covid-19 memang diprioritaskan untuk pelayan publik, di antaranya adalah guru, dosen dan tendik. Sebelum ini Dinkes Kabupaten Pekalongan juga sudah melakukan kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk guru-guru di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtida’iyah di lingkungan Kabupaten Pekalongan,” tuturnya.

Casmudi, S.Kep., M.M, yang juga menjabat Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Pekalongan menambahkan bahwa kegiatan vaksinasi Covid-19 sangat penting untuk dilakukan agar dapat mendorong timbulnya kekebalan pasif dan antibodi dalam tubuh. “Vaksinasi Covid-19 bagi institusi pendidikan ini merupakan upaya dan ikhtiar Pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik dan juga sebagai persiapan uji coba sistem pembelajaran offline. Suntikan vaksinasi dosis satu ini bertujuan untuk men-trigger (memicu-red) kekebalan tubuh, kemudian nanti dilanjutkan penyuntikan dosis dua yang menurut hasil penelitian 63% akan efektif mendorong terbentuknya kekebalan tubuh,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim M.Ag. mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan vaksinasi Covid-19 dosis satu untuk dosen dan tendik yang bekerja di lingkungan kampus 2 IAIN Pekalongan. Rektor berharap vaksinasi Covid-19 dosis dua yang langsung dijadwalkan petugas setelah penyuntikan dosis satu, agar dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh dosen serta tendik dengan hadir mengikuti vaksinasi dosis dua tersebut. “Semoga dengan terselenggaranya vaksinasi Covid-19 dosis satu, baik untuk dosen dan tendik di lingkungan kerja kampus 1 dan kampus 2, IAIN Pekalongan semakin siap menyongsong pembelajaran tatap muka”, tegas Rektor._(Dimas_Humas Umum)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…