IAIN Pekalongan Gelar Pelantikan Pejabat Perangkat Akademik Rektor Masa Jabatan 2021–2025

01 April 2021

Pekalongan (1/4) – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan, Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., melantik dan mengambil sumpah jabatan Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, dan Ketua Lembaga di lingkungan IAIN Pekalongan Masa Jabatan 2021 – 2025. Kegiatan ini diselenggarakan pada Kamis (01/04/2021) di Gedung Auditorium IAIN Pekalongan, Kampus I, Jl. Kusuma Bangsa No. 9, Panjang Baru, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat sesuai standar WHO, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer, dan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan pelantikan. Selain itu, upacara pelantikan dan sumpah jabatan ini juga hanya dihadiri oleh tamu undangan terbatas. Sedangkan, para sivitas akademika yang lain dipersilahkan mengikuti acara secara virtual melalui Live Streaming YouTube. Hal ini dilakukan sebagai upaya preventif agar tidak terjadi penularan dan penyebaran virus Covid-19.

Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., Rektor IAIN Pekalongan dalam amanatnya menyampaikan ucapan selamat kepada para pejabat yang baru dilantik dan akan mengemban amanah selama 4 (empat) tahun ke depan. Rektor berpesan agar para pejabat baru selalu bersikap amanah dalam mengemban tugas-tugasnya, karena jabatan adalah sesuatu yang kelak akan dipertanggungjawabkan baik kepada lembaga, masyarakat, dan tentunya di hadapan Allah SWT. Lebih lanjut, Rektor juga berpesan agar pejabat baru selalu ikhlas dalam mengabdikan diri dan mencurahkan tenaga, pikiran, serta waktu demi kemajuan institusi. Dengan keahlian dan dedikasi yang tinggi, para pejabat baru diharapkan mampu bersinergi, berkolaborasi, dan satu resonansi dalam mewujudkan visi dan misi untuk memajukan IAIN Pekalongan yang akan segera bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Pekalongan.

“Saya berharap agar para pejabat baru ini selalu ikhlas dalam mengabdikan diri, mencurahkan segenap tenaga, pikiran, serta waktu yang dimiliki demi kemajuan lembaga kita tercinta. Dengan bekal keahlian dan dedikasi yang tinggi terhadap lembaga, saya berharap agar kita semua bisa bersinergi, berkolaborasi untuk mewujudkan visi dan misi IAIN Pekalongan yang insya Allah sebentar lagi akan bertransformasi menjadi UIN Pekalongan,” tegas Rektor. 

Rektor juga berpesan kepada para pejabat baru agar senantiasa meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW dalam memimpin. “Setidaknya ada empat sifat yang harus diteladani, yaitu: Siddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathonah. Siddiq berarti benar atau jujur. Seorang pemimpin haruslah selalu menjunjung kebenaran dan kejujuran baik dalam perkataan maupun tindakan. Amanah berarti dapat dipercaya. Tabligh dimaknai sebagai pola penyampaian sesuatu dengan cara dan komunikasi yang baik. Sedangkan Fathonah dimaknai dengan karakter yang cerdas,” ungkapnya. Kemudian Rektor menambahkan, setidaknya terdapat empat jenis kecerdasan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, yaitu: Intellectual Quotient (Kecerdasan Intelektual), Emotional Quotient (Kecerdasan Emosional), Physical Quotient (Kecerdasan Fisik) dan Spiritual Quotient (Kecerdasan Spiritual). 

Sebelum menutup sambutan, Rektor juga menyampaikan harapannya ke depan agar IAIN Pekalongan bisa selalu berinovasi mengikuti perkembangan zaman, sehingga IAIN Pekalongan bisa tetap eksis dan menjadi salah satu universitas Islam yang terkemuka. “Saya berharap dengan adanya kolaborasi kita bersama ini, lembaga kita akan bisa selalu melakukan inovasi-inovasi sesuai dengan perkembangan zaman, agar IAIN Pekalongan bisa secepatnya beralih status menjadi UIN Pekalongan dan tetap eksis serta menjadi salah satu perguruan tinggi Islam terkemuka,” pungkasnya. 

Pada kesempatan yang sama, Saiful Anam, M.A. selaku Kepala Bagian Umum sekaligus Sekretaris Panitia Penjaringan Calon Perangkat Akademik Rektor IAIN Pekalongan Masa Jabatan 2021–2025, menyampaikan bahwa sebelum kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan ini, telah dilakukan serangkaian tahapan penjaringan bakal calon Wakil Rektor, Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana, Ketua Lembaga dan Kepala Satuan Pengawasan Internal (SPI), yang meliputi: pengumuman dan sosialisasi formasi, pendaftaran calon, verifikasi dan klarifikasi berkas administrasi, serta penetapan dan penyerahan hasil verifikasi kepada Rektor IAIN Pekalongan. Hasil akhir menunjukkan ada 10 kandidat yang dinyatakan lulus untuk menempati posisi-posisi tersebut. Sementara formasi jabatan Kepala SPI tidak ada yang mendaftar, sehingga belum bisa dilakukan pelantikan, ungkapnya. 

Adapun daftar nama pejabat yang dilantik pada hari ini dan posisinya sebagai berikut:

  1. Dr. Maghfur, M.Ag., sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan;
  2. Moh. Muslih, M.Pd., Ph.D., sebagai Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan;
  3. Dr. H. Muhlisin, M.Ag., sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama;
  4. Dr. H. Akhmad Jalaluddin, M.Ag., sebagai Dekan Fakultas Syari’ah;
  5. Dr. H. Moh. Sugeng Sholehuddin, M.Ag., sebagai Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan;
  6. Dr. H. Sam’ani, M.Ag., sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah;
  7. Dr. Hj. Shinta Dewi Rismawati, M.H., sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam;
  8. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag., sebagai Direktur Pascasarjana;
  9. Dr. H. Imam Kanafi, M.Ag., sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat;
  10. Dr. Tri Astutik Haryati, M.Ag., sebagai Ketua Lembaga Penjaminan Mutu.

 


Penulis: Ali Ghufron_Humas Umum

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…