Dorong Jiwa Entrepreneur Mahasiswa dan Alumni, IAIN Pekalongan Adakan Inkubasi Wirausaha

29 October 2021

Pekalongan (29/10) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) yang menghasilkan lulusan cerdas dalam segi kognitif, segi spiritual, serta berjiwa nasionalisme. Hal ini sesuai dengan tagline IAIN Pekalongan, yakni spirituality, scientific, entrepreneurship, dan nationality. Setiap pembelajaran dan kegiatan mahasiswa dilaksanakan dengan didasarkan pada empat tagline tersebut. Hal ini yang membuat lulusan IAIN Pekalongan berbeda dengan lulusan di Perguruan Tinggi lainnya.

Guna mendukung perwujudan tagline IAIN Pekalongan tersebut, pada tanggal 27-28 Oktober 2021, IAIN Pekalongan mengadakan kegiatan Inkubasi Wirausaha yang ditujukan khusus untuk mahasiswa dan alumni. Bertemakan “Inkubasi Wirausaha Mahasiswa sebagai Upaya Peningkatan Skill Digital Marketing di Era 4.0”, acara dilaksanakan di lantai 3 Gedung Rektorat Kampus I IAIN Pekalongan.  Diikuti oleh 30 peserta, acara dilaksanakan secara luring dan bagi semua peserta yang hadir diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan.

Peserta Kegiatan dibatasi hanya mahasiswa atau alumni yang sudah memiliki kegiatan usaha di bidangnya masing-masing. Terdapat berbagai macam aspek kegiatan usaha, mulai dari konveksi, peternakan, kuliner, jasa, dan masih banyak lainnya. Setiap peserta diberikan bekal untuk meningkatkan kegiatan usahanya, khususnya di bidang digital marketing. Sesuai yang disampaikan penanggungjawab kegiatan, Bahtiar Effendi, M.E., bahwa tujuan utama dari kegiatan Inkubasi Wirausaha adalah untuk memberikan bekal dan peningkatan kegiatan usaha dari alumni dan mahasiswa IAIN Pekalongan di bidang digital marketing.

Kegiatan Inkubasi Wirausaha dilaksanakan selama dua hari, hari pertama kegiatan materi dan teori wirausaha yang diisi oleh A.H. Hanifudin. Hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan menyelesaikan penerapan materi serta terdapat kegiatan assesment atau penilaian untuk mendapatkan sertifikat BNSP. Peserta juga dinilai langsung oleh Asesor dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang berkompeten di bidang digital marketing. Setelah peserta lolos tes Assesment, peserta akan mendapatkan sertifikat kompeten dari BNSP yang bisa dipakai untuk meningkatkan kegiatan usahanya. Selain itu, peserta juga mendapatkan bimbingan dan pantauan selama beberapa bulan ke depan sebagai bentuk follow up dari kegiatan.

Di masa pandemi covid-19 yang tak kunjung usai ini, seorang entrepreneur harus bisa melangkah lebih maju dengan digital marketing agar kegiatan wirausahanya lebih maksimal. Hal ini sebagaimana pernyataan Wakil Rektor III IAIN Pekalongan Dr. H. Muhlisin, M.Ag, yang menyebut kegiatan Inkubasi Mahasiswa merupakan penerapan dari salah satu tagline “entrepreneurship” yang berarti pemberian bekal agar mahasiswa dan alumni mampu menjadi seorang entrepreneur sejati. Harapannya, peserta dapat memetik manfaat dari kegiatan tersebut dan bisa mengaplikasikan dan mengembangkan usahanya masing-masing._(Hanif Ardiansyah)

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…