Lantik Kapus PkM, Rektor: Pengabdian Masyarakat Tugas Bersama

30 October 2021

Pekalongan (30/10) - Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan melantik dan mengambil sumpah jabatan Kepala Pusat (Kapus) Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) pada Jumat, 29 Oktober 2021. Aenurofik, M.A., terpilih sebagai Kapus PkM LP2M untuk periode tahun 2021 — 2025. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan diselenggarakan di Ruang E.4 Kampus I IAIN Pekalongan.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan secara terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Dimulai pada pukul 14.30 WIB, acara pengambilan sumpah dan pelantikan Kapus PkM dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Pekalongan. Turut hadir pada acara pelantikan ini, yakni: Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Direktur Pascasarjana, unsur LPM, dan perwakilan LP2M. Setelah dilaksanakan sesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Dalam amanatnya, Rektor IAIN Pekalongan Dr. H. Zaenal Mustakim, M.Ag., mengucapkan selamat kepada Aenurofik, M.A., atas jabatan barunya sebagai Kapus PkM LP2M periode tahun 2021 — 2025. Rektor mengatakan bidang Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi yang harus terus dilakukan dan ditingkatkan. Peningkatan PkM hendaknya dilakukan dengan inovasi dan kolaborasi yang melibatkan seluruh sivitas akademika IAIN Pekalongan. “Pengabdian kepada Masyarakat bukan hanya kewajiban dosen, namun seluruh sivitas akademika termasuk mahasiswa,” pungkas Rektor. Karena itu, Rektor mendorong agar kolaborasi PkM yang sudah ada antara dosen dan mahasiswa ke depannya dapat terus dikembangkan.

Senada dengan Rektor IAIN Pekalongan, Dr. Maghfur, M.Ag., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan saat ditemui pasca pelantikan menyampaikan harapannya agar ke depan kolaborasi PkM antara dosen dan mahasiswa dapat terus digencarkan. Kolaborasi PkM antara dosen dan mahasiswa juga harus mempertimbangkan berbagai perspektif dan multi disiplin yang ada. Maghfur menambahkan di masa mendatang pelaksanaan PkM harus terintegrasi dengan melibatkan semua pihak. “Saya kira wajah perguruan tinggi ada pada Pengabdian kepada Masyarakat, bagaimana ilmu-ilmu yang ada di ruang kelas dapat diterapkan dan berkontribusi terhadap penyelesaian persoalan-persoalan yang ada di masyarakat,” tutup Maghfur.

Sementara itu, ditemui pasca pelantikan, Kapus PkM yang baru Aenurofik, M.A. menyebut jabatan Kapus PkM sebagai amanah untuk turut berperan serta dalam mengembangkan IAIN Pekalongan melalui jalur tata kelola sistem pengabdian kepada masyarakat (PkM). Karenanya, Aenurofik akan menyusun strategi dan langkah-langkah yang akan dilaksanakan di awal masa jabatannya. “Pertama, kami akan mengidentifikasi proses bisnis PkM LP2M; kedua, memastikan adanya roadmap PkM, dan berikutnya menentukan bagian-bagian mana yang perlu dilakukan penguatan,” jelasnya. Untuk mendukung langkah-langkah tersebut ia berharap kerja sama dan dukungan seluruh sivitas akademika IAIN Pekalongan sesuai dengan peran masing-masing, pungkasnya.


Reporter   :  Dimas Prasetya

Editor       :  Saiful Anam

Redaktur  :  Humas Bagian Umum

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…