Membanggakan, Persentase Kelulusan UKMPPG IAIN Pekalongan Peringkat 2 Nasional

04 November 2021

Pekalongan (4/11) – Persentase kelulusan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) IAIN Pekalongan menduduki peringkat ke-2 tingkat nasional pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia. Hal itu tertuang dalam surat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan tentang Hasil Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) tertanggal 21 Oktober tahun 2021.

Persentase kelulusan PPG IAIN Pekalongan sebesar 75,92% menempati peringkat ke-2 dari PTKIN se-Indonesia. Total peserta yang mengikuti UKMPPG adalah sebanyak 191 peserta dengan rincian guru kelas Madrasah Ibtidaiah (MI) sejumlah 45 Mahasiswa, guru kelas Raudatul Atfal (RA) 30 mahasiswa dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) 116 mahasiswa. Pada pelaksanaan UKMPPG tahun 2021 terdapat dua sistem ujian yaitu Ujian Pengetahuan  dan Ujian Kinerja.

Menurut M. Fauyan M.Pd selaku Ketua Jurusan PPG (Pendidikan Profesi Guru) keberhasilan ini adalah berkat optimalnya pendampingan dan pelayanan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) FTIK IAIN Pekalongan kepada mahasiswa. “Kami melakukan pendampingan pengenalan LMS (Learning Moduls System) melalui WhatsApp Group selama 24 jam, dimulai hari pertama pembelajaran,” tutur Fauyan. Adapun pelayanan yang diberikan adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai standar kontrak belajar, menyelaraskan antara persepsi materi dan instruksi tugas pada kegiatan pengembangan perangkat, dan pelatihan pembuatan video pembelajaran.

Fauyan berharap bagi guru yang telah lulus dalam PPG tahun 2021 tidak berhenti untuk terus belajar, namun momentum ini dapat digunakan sebagai titik awal guna meningkatkan kualitas pendidikan. “Saya berharap teman-teman alumni PPG dapat menumbuhkan semangat aktivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan mengimplementasikan praktik baik pembelajaran yang didapat selama proses pendidikan atau membentuk generasi yang memiliki keterampilan hidup yang dibutuhkan di zaman sekarang ini,” Pungkasnya. Fauyan juga berharap agar pada ujian tahap selanjutnya, semua mahasiswa first taker dan retaker UKMPPG dapat lulus 100%.

Atas keberhasilan UKMPPG IAIN Pekalongan menempati peringkat ke-2 nasional, Dekan FTIK IAIN Pekalongan Dr. M. Sugeng Solehuddin, M.Ag mengucap puji syukur kepada Allah SWT dan menyampaikan keberhasilan tersebut berkat dukungan berbagai pihak. “LPTK IAIN Pekalongan mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak rektorat beserta jajarannya, segenap dosen dan guru pamong dari semua satuan kerja Sekolah Menengah Atas Kota dan Kabupaten Pekalongan yang sudah memberikan pengabdian  dan kerja sama yang besar dalam menuntaskan amanah nasional untuk pelaksanaan PPG,” ungkap Sugeng.

Pada tahun 2021, Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) FTIK IAIN Pekalongan menyelenggarakan pembelajaran bagi guru-guru yang berkesempatan mengikuti PPG pada tahun yang sama. Sedangkan proses Ujian Pengetahuan dan Ujian Kinerja yang meliputi (RPP & Praktik Pembelajaran) serta Uji Portofolio dilaksanakan via daring berbasis domisili melalui program aplikasi yang sudah ditetapkan oleh Panitia Penyelenggara Nasional.


Reporter  : Widiya Tri Handayani

Editor      : Dimas Prasetya

Redaktur : Humas Bagian Umum

 

Top
We use cookies to improve our website. By continuing to use this website, you are giving consent to cookies being used. More details…